Monday, July 15, 2024
HomeHot NewsMenunggu Persetujuan Operasional, Kereta Api Tujuan Garut Baru Bisa Beroperasi

Menunggu Persetujuan Operasional, Kereta Api Tujuan Garut Baru Bisa Beroperasi

Informasi mengenai peresmian Stasiun Garut dan perjalanan dari dan ke Garut ternyata belum dioperasikan. Pasalnya pihak dari KAI masih menunggu izin operasional dari Kementerian Perhubungan. Sebelumnya beredar kabar bahwa operasional Stasiun Garut akan dilakukan saat Hari Jadi Garut pada 16 Februari 2022 lalu. Kemungkinan bakal diundur kembali sampai dengan waktu yang ditentukan.

Baca juga: Uji Coba Kereta Api Lintas Cibatu – Garut, Diharapkan Beroperasi Saat Hari Jadi Kota Garut

Diketahui bahwa jalur Cibatu – Garut ini terakhir digunakan pada tahun 1983 lalu. Jalur ini sempat aktif dengan mengangkut penumpang dan hasil bumi pada jamannya hingga Stasiun Cikajang yang merupakan stasiun tertinggi di Indonesia. Kemudian jalur ini tidak dioperasikan dengan waktu yang cukup lama. Saat ini jalur sepanjang 19 km kembali dioperasikan dan direaktivasi dengan rute terbilang masyarakatnya yang ramai menuju Kota Garut.

Sebenarnya saat ini prospek jalur Cibatu – Garut semua sudah siap untuk dioperasikan termasuk SDM didalamnya. Sarana dan prasarana penunjang pada jalur KA maupun stasiun nantinya sudah dinikmati calon penumpang kereta api yang akan menggunakannya. Dalam hal operasional kereta api, KAI sangat memperhatikan unsur keselamatan. Oleh sebab itu, KAI akan menjalankan jalur Cibatu – Garut setelah mendapatkan izin operasional dari Kementerian Perhubungan.

Rangkaian uji coba masih terus dilakukan hingga hari ini, Kamis (17/2). Rute yang dilalui untuk uji coba menggunakan rangkaian kelas ekonomi sebanyak 7 unit kereta. Keberangkatan KA uji coba hari pada pukul 09.00 WIB dan tiba di Stasiun Cibatu pukul 10.20 WIB. Kemudian rangkaian kembali melanjutkan perjalanan hingga ke Stasiun Garut. Rencana uji coba dilakukan hingga pukul 3 sore yang selanjutnya rangkaian ke Stasiun Bandung.

Baca juga: Wow! Rangkaian KA Kamojang, Jurusan Pasar Senen – Garut Sudah Menghitung Hari 

Dalam waktu dekat, Jalur Cibatu – Garut akan memberikan konektivitas bagi masyarakat Garut untuk menuju Bandung atau Jakarta dan sebaliknya. Hadirnya transportasi KA di Garut akan memberikan layanan yang nyaman dan tepat waktu bagi masyarakat. Dan juga diharapkan semakin memaksimalkan potensi wisata di wilayah Garut. Sehingga perekonomian masyarakat Garut akan kembali pulih dan terus meningkat. (PRAS – Cinta Kereta Api)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru