Thursday, February 22, 2024
HomeHot NewsWow! Rangkaian KA Kamojang, Jurusan Pasar Senen - Garut Sudah Menghitung Hari

Wow! Rangkaian KA Kamojang, Jurusan Pasar Senen – Garut Sudah Menghitung Hari

Masyarakat pasti sudah bertanya soal rangkaian kereta api dengan rute Jakarta – Garut, sebenarnya sudah belum, ya? Rasa penasaran ini sepertinya bisa terobati. Karena hari ini uji coba rangkaian KA tersebut dilakukan. Menggunakan kelas ekonomi sebanyak 7 unit kereta dan 1 unit MP3 rangkaian ini melakukan uji coba lintas dari Stasiun Pasar Senen menuju Bandung, Jumat (11/2).

Baca juga: Lokomotif Mulai Uji Coba Mengular di Jalur Reaktivasi Cibatu-Garut 

Keberangkatan KA uji coba dari Stasiun Pasar Senen ini pukul 12.50 WIB menggunakan lokomotif CC 206 13 51. Uji coba ini nantinya untuk uji ketahanan selama diperjalanan dengan kecepatan maksimal yang ditentukan. Rangkaian KA uji coba ini dilakukan hanya sekali perjalanan saja dari Pasar Senen hingga Bandung. Sebenarnya rangkaian ini memang sudah digunakan untuk sarana angkutan penumpang dengan rute yang cukup jauh, namun informasi yang diketahui bahwa rangkaian ini akan digunakan saat peresmian, jadi uji coba bakal terus dilakukan.

Plat KA Kamojang rute Pasar Senen – Garut persiapan untuk pemasangan di badan kereta setelah KA tersebut aktif (Foto: Istimewa )

Tak hanya uji coba dari Jakarta, uji coba rangkaian pun lintas Bandung – Cibatu – Garut pp. dan dilakukan di hari yang sama menggunakan CC 206 13 53. Namun uji coba lintas Bandung – Garut hanya membawa 4 unit kereta kelas ekonomi dan 1 unit KMP3. Sepertinya rangkaian tersebut akan dipergunakan untuk kereta lokal Garut, mengingat nantinya Stasiun Garut juga memiliki angkutan KA Lokal menuju Bandung dengan tarif murah.

Baca juga: Empat Dekade Tak Beroperasi, Stasiun Garut Akhirnya Direaktivasi

Ada foto yang beredar bahwa papan plat jurusan kereta api sempat tersebar di media sosial Whatsapp. Bahwa foto tersebut menunjukkan bahwa plat nama KA Kamojang adalah nama yang akan digunakan untuk perjalanan KA dengan rute Jakarta Pasar Senen sampai dengan Garut. Hmm … kira – kira kalau sudah ada KA Kamojang dengan kelas ekonomi, apakah KA Serayu dengan lintasan yang sama, kelas yang sama dan tarif mungkin lebih murah serta melewati Stasiun Cibatu, akan tersaingi? (PRAS – Cinta Kereta Api)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru