Meski Tak Signifikan, Dengan Airplane Mode Waktu Pengisiaan Baterai Smartphone Jadi Lebih Cepat

0
Ilustrasi mode pesawat di smartphone

Airplane mode lazim digunakan saat mengaktifkan smartphone di kabin pesawat, meski toh tidak ada akses radio/seluler, dengan airplane mode pengguna smartphone masih bisa menikmati fitur pemutar musik, menonton video, mobile games, sampai melakukan penulisan dokumen. Lepas dari itu, momen mengaktifkan airplane mode di kabin kerap dimanfaatkan untuk melakukan charging atau proses pengisian baterai. Dibanding dengan charging dengan mode standar, ternyata pengaktifkan airplane mode untuk proses charging smartphone memang lebih cepat.

Baca juga: Delta Airlines Tawarkan Akses Chatting Gratis via WiFi di Smartphone

Biasanya untuk mengisi daya baterai, airplane mode tidak akan memperlambat proses melainkan akan memberikan pengisian energi lebih cepat dari tanpa mode pesawat. Trik ini benar-benar bekerja dan sangat diandalkan. Salah satu penyedia seluler yakni Verizon merekomendasikan cara ini.

Dalam posisi airplane mode, smartphone Anda tidak akan melayani sinyal yang terhubung pada menara BTS. Selain itu pastinya GPS tidak akan terhubung, karena GPS juga menggunakan data seluler dan mengahabiskan daya baterai yang cukup besar untuk memberitahukan lokasi Anda.

Baca juga : Entrupy, Solusi Canggih Identifikasi Barang Palsu via Smartphone

Untuk diketahui, bila Anda beralih ke airplane mode, Anda mematikan penerimaan transmisi radio atau yang biasa di sebut sinyal seluler, termasuk frekuensi Bluetooth dan WiFi. CNET menguji proporsi beberapa tahun lalu, dalam pengujian pada suatu smartphone, diketahui jika menggunakan airplanel mode maka pengisian daya baterai lebih cepat 11 menit dibandingkan mode standar. Sementara pada pengujian lainnya, waktu yang dihemat bahkan hanya lebih cepat 4 menit.

Namun lepas dari itu, kecepatan pengisian baterai smartphone juga terkait dengan jenis charger yang digunakan. Sebagai contoh, bila kita melakukan charging lewat kabel USB di bangku pesawat, meski sudah mengaktifkan airplane mode maka waktu pengisian baterai tetap terasa lambat, hal ini dikarenakan arus listrik yang tersedia memang terbatas.

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply