Meski Tanpa Rapid Test, ASDP Perketat Protokol Kesehatan di Dalam Kapal Ferry

0
(Humas PT ASDP Indonesia Ferry)

Maskapai Penerbangan dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) sampai hari ini masih mewajibkan penumpangnya untuk menunjukkan hasil rapid tes atau PCR yang berlaku selama 14 hari. Selain itu juga masih terus menerapkan protokol kesehatan baik di stasiun maupun di dalam keretanya.

Baca juga: Pandemi Belum berakhir, Damri Jalin Sinergi dengan ASDP dan Dukung Angkutan Haji/Umrah di Arab Saudi

Bahkan PT KAI memberikan face shield untuk para penumpang kereta jarak jauh mereka. Namun sebagai moda angkutan massal, kapal ferry yang dioperasikan oleh PT ASDP Indonesia Ferry saat ini tidak lagi mewajibkan penumpang menunjukkan hasil rapid tes mereka.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry, Ira Puspadewi mengatakan akan tetap memberlakukan protokol kesehatan secara ketat di dalam kapal ferry. Ira mengatakan bila tidak ada rapid tes, pihaknya juga melakukan pengecekan suhu dan pengetatan pemakaian masker.

“Nah, ini sesuatu yang kalau saya bilang never-ending job,” ujar Ira.

Dia mengatakan, kesadaran masyarakat pada protokol kesehatan di tempat umum saat ini sudah tinggi dan dirinya yakin meski dalam perjalanan, mereka akan proaktif membantu petugas mengawasi protokol kesehatan penumpang lain. Ira menyebutkan, dibandingkan bulan April lalu, perilaku pengguna jasa di kapal sudah lebih baik yang mana tak ada lagi keributan antar petugas dan penumpang ketika mengingatkan menggunakan masker dengan benar.

Untuk angkutan Natal dan Tahun Baru, pihak ASDP dikatakan Ira masih menunggu arahan dari satuan tugas Covid-19 terkait ketentuan rapid tes. Terlebih, jumlah penumpang harian diprediksi bakal naik sekitar 12 persen pada masa-masa tersebut.

“Terkait liburan ini nanti terutama yang dari Jakarta dan Bali ada persyaratan khusus, nanti saya kira teman-teman media cari dalam waktu sangat dekat akan ada ada pengumuman dari tugas-tugas,” tuturnya.

Baca juga: Hentikan Sementara Penjualan Tiket Penumpang, ASDP Hanya Layani Logistik

Meski ada pengetatan protokol kesehatan, Humas PT ASDP Indonesia Ferry, Ellen Pirri yang dihubungi KabarPenumpang.com, Selasa (15/12/2020), mengatakan pihaknya tidak memberikan face shield kepada penumpang yang dilakukan secara berkala. Dia mengatakan, ASDP melakukan pembagian masker dan handsanitizer dengan waktu insidentalnya serta tetap menyediakan wastafel untuk penumpang mencuci tangan mereka.

Leave a Reply