Minimalisir Tenaga Manusia, Jepang Mulai Kembangkan Puluhan Robot di Stasiun

0
Sumber: jpninfo.com

Selamat datang di era robotika! Ketika tenaga manusia perlahan mulai tergantikan oleh eksistensi teknologi mutakhir seperti robot. Belum sempat atensi dunia berpaling setelah Korea Selatan merilis beberapa jenis robot untuk melancarkan perhelatan Olimpiade Musim Dingin 2018, kini perhatian dunia mulai teralihkan kepada Negeri Sakura, Jepang yang dicanangkan akan menggunakan jasa robot pada prasarana transportasinya. Seperti apa ya kira-kira peranan robot tersebut?

Baca Juga: Ini Dia Troika! Robot Canggih di Bandara Incheon, Korea Selatan

Seperti yang diwartakan KabarPenumpang.com dari laman cnet.com, East Japan Railways mengumumkan pembuatan JRE Robotics Station pada pertengahan tahun 2017 kemarin. JRE Robotics Station ini sendiri merupakan sebuah perusahaan yang akan merancang robot untuk membantu dan menavigasi para pelancong selama berada di stasiun kereta api. Tugasnya adalah untuk memastikan para wisatawan tidak salah naik kereta dan tentu saja tidak ketinggalan kereta yang hendak mereka tumpangi. Sudah barang tentu, robot ini akan dilengkapi dengan fitur multi bahasa yang dapat memudahkan penyampaian informasi kepada para wisatawan.

Tidak hanya robot informatif seperti yang dijabarkan di atas saja, perusahaan ini juga rencananya akan mengembangkan robot lain yang dapat membantu membawa barang para pelancong, terutama bagi mereka yang menyandang disabilitas. Tidak cukup dengan dua robot di atas, JRE Robotics Station juga akan menyediakan robot yang dapat membersihkan stasiun, mirip dengan yang ada di Bandara Internasional Incheon, Korea Selatan. Jika kondisi stasiun dinilai dalam kondisi bersih, maka robot ini akan merapikan barang-barang yang terletak tidak pada tempatnya.

Meninjau segi keamanan, sepertinya RoboCops akan menjadi satu terobosan baru yang diharapkan dapat meningkatkan keamanan stasiun. Robot jenis ini pun telah masuk ke dalam wishlist JRE Robotics Station untuk segera direalisasikan dalam waktu dekat. Gagasan ini didukung oleh pengelolaan East Japan Railways yang tidak melulu berkutat di dunia perkeretaapian, tetapi juga merambah dunia perhotelan dan pusat perbelanjaan di Jepang.

Baca Juga: Siapa Pembawa Obor Olimpiade Musim Dingin 2018? Tentu Saja Robot!

Bagi Anda yang sudah tidak sabar untuk melihat aksi dari beberapa robot di atas, nampaknya Anda masih harus menunggu untuk beberapa saat karena pihak JRE Robotics Station belum mengumumkan kapan robot-robot tersebut mulai bertugas untuk melayani para penumpang. Jika Jepang dan Korea sudah mulai memanfaatkan kemajuan teknologi untuk meningkatkan pelayanan kepada para pelanggannya, lalu apa kabar dengan Indonesia? Akankah Ibu Pertiwi dapat menyalip kedigdayaan dua negara di atas?

Leave a Reply