Mobil Tenaga Baterai Dihentikan Pengoperasiannya di Stasiun India

0
Mobil tenaga baterai di stasiun India (twitter.com)

Mobil menggunakan baterai seperti mobil golf banyak sekali digunakan pada bandara. Biasanya mobil-mobil ini untuk mengangkut para lansia atau pejabat agar memudahkan sampai ke gerbang keberangkatan mereka.

Baca juga: Duuh.. Mobil Golf Pendukung Disabilitas dan Orang Tua ‘Nyungsep’ ke Rel Kereta

Mungkin untuk bandara mudah digunakan, karena jalur yang cukup luas untuk di lalui mobil ini. Tapi bagaimana jika mobil dengan baterai ini digunakan pada stasiun dan berjalan di paltform atau peron tempat menunggu kereta?

KabarPenumpang.com melansir dari laman freepressjournal.in (22/8/2018), sayangnya administrasi kereta api India kini telah melarang adanya pengoperasion mobil baterai di ketiga platform stasiun kereta api India pada Selasa (21/8/2018) kemarin. Adanya pelarangan ini karena mobil tersebut kerap kali jatuh dari platform kereta api yang mendorong pihak berwenang harus mengambil keputusan itu.

Divisi Ratlam Western Railway mengeluarkan perintah penghentian operasional mobil tersebut dan segera menyampaikannya ke stasiun yang menggunakan mobil bertenaga baterai. Langkah penghentian operasi mobil bertenaga baterai ini disambut bahagia oleh para porter yang sejak awal menentang adanya langkah penggunaan mobil.

Diketahui, tiga mobil bertenaga baterai ini diperkenalkan di platform kereta api nomor 1, 2, 3 dan 4. Mobil-mobil tersebut di parikir dan diperbaiki di platform 1 di kantor PRO dan biasa juga ada di platform 4 tepatnya di luar ruang tunggu VIP.

Pengemudi mobil ini pun tidak bisa melaju dengan kencang karena kecepatan yang ditentukan hanya 10 km per jamnya. Sebelum dihentikan pengoperasiannya, pada insiden pertama mobil diperbaiki agar kecepatan lebih rendah, tetapi tidak bisa.

Apalagi terkadang pengemudi justru mengemudikan mobilnya dengan cepat demi mengantar penumpang. Jagmohan Verma mantan Komite Konsultatif Pengguna Zonal Rail atau Zonal Rail Users Consultative Committee (ZRUCC) sebenarnya sudah berulang kali menuntut larangan adanya mobil bertenaga baterai di stasiun.

Baca juga: Stasiun Ernakulum India, Hadirkan Fasilitas Komplit Bagi Kaum Difabel

Pada hari Minggu (19/8/2018) sebuah mobil kembali jatuh di platform 3 setelah melaju dan kejadian ini terjadi beberapa menit sebelum Jabalpur-Indore Express tiba. Untungnya penumpang langsung menarik mobil tersebut ke platforms pada saat yang tepat.

Diketahui, sebelum penghentian pengoperasian, mobil tenaga baterai ini ditempatkan pada sembilan stasiun kereta api India pada Juni 2018 kemarin. Sebenarnya kehadiran mobil ini sendiri untuk memudahkan para lansia dan penyandang disabilitas mencapai platform keberangkatan kereta mereka.