Mobile Game Ini “Ajarkan” Penumpang Hadapi Situasi Darurat Selama Mengudara

Sumber: youtube.com

Sebagai salah satu penyedia jasa layanan transportasi, dunia aviasi memiliki satu masalah yang dianggap sudah mendarah daging dan dianggap belum menemukan satu jalan keluar, yaitu terkait kesadaran penumpang dalam memperhatikan dan memahami instruksi keselamatan yang diberikan oleh pihak maskapai penerbangan, baik melalui briefing atau kartu keselamatan penerbangan.

Baca Juga: Lima Poin Ini Jadi Kunci Keselamatan Saat Pesawat Alami Crash Landing

Bukan tanpa alasan, sebuah penelitian mengenai keselamatan penerbangan menunjukkan bahwa pemahaman penumpang terhadap instruksi keselamatan selama mereka mengudara bisa dibilang berada di level bawah. Poin inilah yang selalu menjadi perhatian para penyedia jasa layanan penerbangan untuk memperbaiki sistem yang sudah ada agar mereka bisa memberikan pelayanan terbaik kepada para penumpang.

Kartu Keselamatan Penerbangan. Sumber: flickr

Salah satu cara yang ditempuh beberapa pihak dalam mengentaskan masalah ini adalah dengan menghadirkan sebuah game yang berupa simulasi terhadap keadaan darurat selama penerbangan yang bernama “Prepare for Impact”. Melalui game simulasi darurat 3D ini diharapkan para penumpang dapat lebih meningkatkan pemahaman terhadap petunjuk keselamatan selama penerbangan. Para penumpang juga dapat lebih paham tentang apa saja yang harus mereka lakukan jika pesawat mengalami kecelakaan.

Dalam game simulasi keluaran Human-Computer Interaction Lab of the University of Udine (HCI Lab Udine) ini juga memiliki banyak varian level dan skema darurat, seperti dekompresi selama penerbangan, pesawat jatuh, landas pacu yang terlewat, hingga pendaratan di perairan. “Kami  berusaha untuk mendorong pentingnya pemahaman penumpang terhadap kondisi darurat melalui permainan seperti ini,” ungkap profesor Luca Chittaro, direktur dari HCI Lab Udine, sebagaimana yang dikutip KabarPenumpang.com dari laman hcilab.uniud.it.

“Dengan cara ini, orang bisa membiasakan diri dengan keadaan darurat yang mungkin saja mereka alami selama berada di dalam sebuah penerbangan dengan memainkan skenario ‘What – If’, mereka juga dapat menentukan langkah apa yang akan mereka tempuh, dan melihat konsekuensi positif atau negatif yang secara realistis digambarkan oleh permainan 3D semacam Prepare for Impact ini,” tambah Luca.

Baca Juga: Sejumlah Fakta dari Proses Emergency di Pesawat Terbang

Diketahui, game ini juga menyediakan level dimana proses evakuasi pesawat menjadi lebih kompleks, seperti kebakaran di dalam kabin, pintu pesawat yang tidak bisa digunakan, dan masih banyak lagi. Hingga saat ini, game Prepare for Impact dapat diunduh melalui Google PlayStore untuk device Android dan AppStore untuk device iOS secara gratis.

Jadi, tidak ada salahnya untuk mengunduh game ini dan mencoba bagaimana mendebarkannya situasi darurat selama penerbangan. Layaknya game lain, pilihan Anda amat menentukan akhir cerita dari simulasi ini, apakah Anda bisa selamat dari situasi darurat atau Anda harus terus mengulang sebuah skema untuk melanjutkan ke level lainnya yang lebih menantang, so, prepare for the impact!