MRT Buat Video Tutorial Perilaku Penumpang, Kalau Mendengkur Jangan Lupa Pakai Masker!

Pedoman Perilaku penumpang MRT (Youtube)

Sebagai pengguna moda transportasi massal ternyata ada atauran yang biasanya tak disadari oleh penumpang. Biasanya aturan ini tak tertulis dan harus dipahami oleh penumpang dan tahu cara mengatasinya.

Baca juga: Bersihkan Tumpahan Minumannya Sendiri di MRT, Gadis Muda Ini Dipuji Warganet

Seperti Mass Rapid transit (MRT) Jakarta yang ternyata membuat pedoman melalui video yang bisa penumpang liat di Instagram, Youtube maupun aplikasi MRT Jakarta. Apa saja sebenarnya peraturan tersebut yang terkadang tak disadari penumpang?

Dirangkum dari berbagai laman sumber, bila melihat video dari MRT Jakarta ada lima perilaku pada transportasi umum dan menunjukkan penumpang berperilaku dengan cara yang berbeda. Seperti berbicara keras dengan teman atau penumpang lain, makan dan minum di dalam moda transportasi, mengintip ponsel penumpang lain, menggunakan make-up dan mendengkur.

Kali ini yang akan KabarPenumpang.com bahas adalah mendengkur atau ngorok dalam kereta. Terkadang dengkuran tersebut terdengar dari penumpang yang tertidur di dalam kereta baik itu saat berangkat pagi ataupun pulang kerja karena kelelahan.

Hal ini tidak bisa dipungkiri dan biasanya penumpang lain segan untuk menegur penumpang tersebut serta membiarkannya begitu saja. Dari video buatan MRT Jakarta, menunjukkan seorang penumpang yang tidur dan mendengkur sangat keras, kemudian di slide video berikutnya agar tidak mendengkur penumpang tidur dengan menundukkan kepala dan tidak menghadapkan mukanya ke atas.

Selain itu bagaimana lagi sih harusnya mengindari agar tidur dalam kereta tidak mendengkur? Penumpang bisa menggunakan masker, karena bisa meredam sedikit suara dengkuran tersebut. Dikutip dari straitstimes.com (18/3/2019), dalam video yang sama terlihat juga demonstrasi seorang penumpang yang tengah menggunakan make-upnya sembari mengibas-ngibaskan kuas ke penumpang di sebelah.

Mungkin tak banyak yang berpikir hal ini tak mungkin di lakukan oleh penumpang perempuan, tetapi faktanya pun banyak penumpang yang memoles muka mereka dengan bedak, lipstik dan blush on melalui kuas yang mereka gunakan.

Corporate Secretary Division Head MRT Jakarta Muhamad Kamaluddin mengatakan, video lima perilaku penumpang dalam MRT jakarta sudah dibuat sesuai dengan tolak ukut yang digunakan oleh sistem kereta bawah tanah perkotaan lainnya.

Baca juga: MRT Jakarta Siapkan Langkah Keselamatan dan Sediakan Ruang Medis

“Kami akan terus memperbarui video kami dan isinya terus-menerus. Yang sudah diposting adalah banding agar publik mempertimbangkan penumpang lain,” kata Kamal.