Mudahkan Difabel, Mulai 2019 Inggris Hadirkan Aplikasi Smartphone dengan Fitur ‘Bantuan’

(www.railway-technology.com)

Para penyandang disabilitas akan segera dimudahkan saat menggunakan kereta api di Inggris. Pasalnya industri kereta api Inggris akan meluncurkan aplikasi baru pada ponsel pintar (smartphone) untuk membantu penyandang disabilitas. Aplikasi ini dirancang untuk memudahkan penyandang cacat saat memesan ‘bantuan’ ketika mereka melakukan perjalanan dengan kereta api.

Baca juga: Ford ‘Terjemahkan’ Pemandangan Khusus Bagi Penyandang Tuna Netra

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman railway-technology.com (1/10/2018), Transreport yang bermitra dengan Disability Rights Inggris, Blind Veterans Inggris dan Anxienty Inggris diketahui yang mengembangkan aplikasi ini serta kini tengah diuji coba oleh empat perusahaaan kereta api.

Aplikasi ini sendiri kedepannnya diharapkan dapat mengurangi masalah dari sistem yang ada dan memakan waktu yang melibatkan ponsel atau platform berbasis website. Sistem tersebut mengharuskan penumpang untuk memberikan rincian kontak dan menentukan bantuan yang mereka butuhkan setiap kali para penyandang disabilitas itu melakukan perjalanan dengan kereta api.

Dari spesifikasi yang ada, nantinya staf stasiun menerima daftar cetak bantuan yang dipesan setiap pagi. Tetapi jika rencana berubah karena masalah keterlambatan atau alasan lain, penyandang disabilitas tersebut tidak dapat memperbaharui daftar dan staf. Bahkan hal tersebut dapat berakhir ditempat dan waktu yang salah.

“Kami tahu kami harus melakukan yang lebih baik untuk meningkatkan aksesibilitas kereta. Kami ingin semua orang yang telah meminta bantuan untuk mendapatkan bantuan yang mereka butuhkan, itulah sebabnya kami berinvestasi dalam teknologi perintis ini yang memiliki kebutuhan pelanggan kami di jantungnya,” ujar Direktur Regional Rail Delivery Group Robert Nisbet.

Baca juga: Sukses Curi Hati Penyandang Disabilitas, Swiss Federal Railways Rajai Perkeretaapian di Eropa!

West Midlands Railway, London Northwestern Railway, Greater Anglia dan South Western Railway saat ini sedang menguji coba aplikasi untuk penyandang disabilitas. Peluncuran aplikasi diperkirakan akan dilakukan tahun depan dengan pengenalan versi aplikasi pada bulan April.

Passenger Assist termasuk fitur yang dapat diakses, termasuk kemampuan untuk mengubah tema warna, font dan ukuran teks. Ini dirancang untuk memungkinkan penumpang untuk memesan, mengubah dan membatalkan bantuan dengan cepat membuat profil pengguna untuk menentukan detail pribadi mereka dan jenis bantuan yang mereka butuhkan serta menyediakan staf dengan informasi langsung.