Mudahkan Pengguna Kereta dan Bus, Google Maps Hadirkan Pembaruan

Pembaruan Google Maps, bisa dengarkan musik (tech / science / sci-fi)

Sebagai seorang pekerja yang juga menggunakan kendaraan pribadi maupun umum seperti kereta atau bus, kerap kali menggunakan Google Maps untuk melihat jarak serta titik kemacetan dari rumah menuju tempat kerja atau sebaliknya. Hal ini kemudian membuat Google memperbarui layanannya, pembaruan tersebut akan hadir mulai minggu ini.

Baca juga: Google Maps Hadirkan Fitur yang Siap Dukung Kaum Difabel

Kabarpenumpang.com melansir dari laman theverge.com (1/10/2018), pembaruan tersebut berfokus untuk membantu para pengguna penumpang kereta dan bus. Kemudian pengguna pun bisa mengontrol musik dari dalam aplikasi. Untuk penumpang kereta dan bus, dengan membuka tab perjalanan baru maka bisa melihat opsi yang tersedia dan jadwal keberangkatan.

Selain itu, pengguna juga diberikan informasi jika ada gangguan spesifik di tiap jalur komuter. Penundaan keberangkatan pun diberi tahu, lengkap dengan estimasi waktunya. Pembaruan ini pun memungkinkan pengguna memantau kereta atau bus yang hendak ditumpangi sudah sampai di mana.

Sehingga bagi pengguna yang tiba lebih cepat dari kereta atau bus yang akan ditumpangi, maka pembaruan layanan pada Google Maps ini cocok. Bahkan Google Maps memperlihatkan posisi dan pergerakan secara real time. Awalnya pembaruan ini tersedia di 80 wilayah di seluruh dunia.

Seperti di Sydney, Google Maps menunjukkan kapasitas penumpang di dalam bus atau kereta yang akan dinaiki. Fitur ini sendiri masih eksklusif di satu wilayah dan akan disebar ke kota lainnya dalam waktu dekat, namun belum jelas kapan pembaruan ini disebar bagi pengguna Indonesia.

Baca juga: Jalin Kemitraan dengan Google Maps, RedBus Siap Mudahkan Perjalanan Pelancong

Diawal pun dijelaskan, pembaruan ini bisa mengontrol pemutar musik yang ada di ponsel pengguna. Sehingga para penguna Spotify, Apple Musik dan Google Play Musik bisa mengontrol pemutaran dari dalam aplikasi navigasi.

Sehingga bagi pengguna yang sering merasa bosan apalagi bila melakukan perjalanan sendirian, ini cukup menemani dan membuat Anda sedikit terhibur. Pada pembaruan Google Maps ini akan ada sedikit perbedaan baik pengguna Android maupun iOS. Jika pengguna Android level integrasi dengan Spotify dan lainnya lebih mendalam dan memungkinkan untuk menelusuri konten audio atau lagu bukan hanya dari playback melainkan dari Google Maps itu sendiri.