Mulai 1 April, Garuda Indonesia Alihkan Penerbangan Rute Surabaya-Jember ke Citilink

Maskapai berbiaya hemat (LCC) Citilink per 1 April 2019 mendatang akan mengambil alih operasional Garuda Indonesia yang terbang di rute Surabaya menuju ke Jember. Vice President Corporate Secretary Garuda Indonesia Ikhsan Rosan mengatakan, pengalihan operasional penerbangan Garuda Indonesia rute Surabaya-Jember-Surabaya menggunakan Citilink karena dinilai masih bagus sebagai moda transportasi udara.

Baca juga: Alih Operasi ATR dari Garuda Indonesia ke Citilink Selesai di 2020

“Kami melakukan evaluasi terhadap rute penerbangan Surabya menuju Jember atau sebaliknya selama beberapa pekan terakhir. Hingga akhirnya diputuskan untuk menutup sementara penerbangan Garuda Indonesia,” ujar Ikhsan yang dikutip KabarPenumpang.com dari laman Antara (26/3/2019).

Dia mengatakan, untuk menetapkan pengakomodasian penumpang Garuda Indonesia rute Surabaya-Jember akan dilayani oleh maskapai hijau tersebut dengan menggunakan slot time penerbangan Garuda Indonesia Explore. Hal ini bisa memudahkan penumpang menggunakan pesawat dari anak perusahaan Garuda tersebut.

Sementara itu, berdasarkan surat kepala Gapura Airport Service pada 20 Maret 2019 No.1018/WR/III/2019 tentang pemberitahuan “cancel flight” penerbangan Garuda Indonesia No.GA 7036/7037 rute Surabaya-Jember-Surabaya tidak beroperasi sejak 31 Maret hingga 26 Oktober 2019 yang ditujukan kepada Bupati Jember Faida.

Dalam surat itu juga disebutkan hasil konfirmasi dengan Stasiun Manager Garuda Indonesia kantor cabang Jember yakni tidak beroperasinya pesawat Garuda Indonesia adalah kebijakan perusahaan. Ini dilakukan setelah mendapatkan persetujuan Dirjen Perhubungan Udara, bahwa Garuda diharapkan tidak mengoperasikan lagi pesawat baling-baling di rute perintis.

Rencana penerbangan pesawat Citilink di Bandara Notohadinegoro Jember telah ada kepastian akan dimulai 1 April 2019 sebagaimana surat dari pihak PT Citilink Indonesia pada 20 Maret 2019 No. Citilink/jkt OGQG/2053/19. Citilink akan menggunakan slot time Garuda Indonesia Explore, sedangkan jasa ground handling tetap menggunakan Gapura Airport Service.

Pantauan di lapangan, pihak Citilink juga sudah melakukan sosialisasi di Bandara Notohadinegoro Kabupaten Jember dan nantinya loket Garuda juga akan digantikan dengan Citilink. Pesawat Garuda Indonesia sendiri diketahui menerbangi rute Jember-Surabaya sejak 16 Juli 2014 dengan menggunakan pesawat jenis ATR 72-600 yang berkapasitas hingga 70 penumpang dengan frekuensi penerbangan setiap hari.

Baca juga: Citilink Gunakan ATR 72-600 untuk Rute Bandung dan Lampung

Kemudian, Garuda mengurangi jumlah frekuensi penerbangan karena kurangnya permintaan, menjadi empat kali dalam sepekan pada Januari 2019. Hingga akhirnya penerbangan Garuda dari dan menuju Jember benar-benar dihentikan Maret ini.