Tuesday, March 5, 2024
HomeHot NewsMulai Diuji Coba, Inilah Kecanggihan Kereta Cepat Terbaru Perancis TGV M yang...

Mulai Diuji Coba, Inilah Kecanggihan Kereta Cepat Terbaru Perancis TGV M yang Ramah Lingkungan

Meski baru akan mengular pada tahun 2024, namun kereta api berkecepatan tinggi TGV generasi terbaru Perancis, sudah mulai diuji coba dalam lintasan sirkuit di Ceko. Kereta yang disebut sebagai TGV M ini telah dipesan senilai 3,3 miliar euro untuk produksi 115 kereta, dengan 100 kereta melayani domestik dan 15 kereta untuk rute internasional. Lain dari itu, TGV generasi baru juga disebut lebih ramah lingkungan.

Baca juga: Alstom dan SNCF Luncurkan TGV M, Mengular di Jaringan Kereta Cepat Perancis Mulai 2024 

Dilansir euronews.com (13/2/2023), disebutkan TGV yang dioperasikan SNCF akan hadir dengan lebih ramah lingkungan, lebih cepat dan lebih mudah diakses. Setelah diiluncurkan akhir tahun lalu, pabrikan kereta Perancis Alstom telah mulai menguji TGV M atau dikenal sebagai Avelia Horizon.

TGV M memiliki total 740 kursi, naik dari kapasitas maksimal TGV saat ini yaitu 634 kursi, yang artinya ada peningkatan kapasitas penumpang sampai 20 persen. Tidak seperti pendahulunya, TGV M juga lebih hijau dengan memangkas emisi CO2 sebesar 37 persen dan terbuat dari 97 persen komponen yang dapat didaur ulang.

Desain modularnya berarti jumlah gerbong, serta tata letak interiornya, dapat disesuaikan dengan mudah sesuai kebutuhan.

TGV M dirancang untuk perjalanan yang lebih nyaman, yakni dengan jendela yang lebih besar menawarkan pemandangan panorama, pencahayaan menyesuaikan dengan intensitas cahaya alami di dalam kereta, dan WiFi serta 5G akan tersedia di dalam kereta.

TGV M juga lebih mengakomodasi penumpang dengan keterbatasan gerak, termasuk pengguna kursi roda dan tunanetra. Sensor canggih yang mengirimkan data waktu realtime akan meningkatkan prosedur perawatan dan meningkatkan ketersediaan layanan.

Dari aspek desain, dengan hidung yang diperpanjang membuat kereta lebih aerodinamis, memfasilitasi kecepatan hingga 320 km per jam.

TGV M saat ini sedang dilakukan uji kenyamanan dan keamanan di sirkuit di Velim, Ceko. Fase ini akan berlangsung selama enam bulan, setelah itu pengujian lebih lanjut akan menilai kinerja kereta dalam berbagai kondisi cuaca yang disimulasikan.

Baca juga: Serupa Tapi Tidak Sama, Inilah Perbedaan Mendasar Antara TGV dan Shinkansen

TGV M akan memulai debutnya di jaringan rel nasional Perancis mulai tahun 2024. Kereta akan beroperasi antara Paris, Lyon dan Marseille dan akan digunakan untuk layanan TGV INOUI dan OUIGO.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru