Mulyono, Pengemudi Ojek Online Pertama yang Dijuluki “Driver 001” GoJek

0
Mulyono, pengemudi ojek online pertama. Foto: Tribunnews

Pengemudi ojek online saat ini jumlahnya telah mencapai jutaan dan tersebar di seluruh Indonesia. Namun pasti ada pengemudi ojek online yang pertama dan apakah saat ini masih terus menjadi pengemudi ojek?

Baca juga: Tuai Pujian, Beginilah Aksi Driver Non Muslim Hormati Penumpang Muslim

Ternyata pengemudi ojek online pertama di Indonesia berasal dari Jakarta dan bernama Mulyono. Dari berbagai laman yang dirangkum KabarPenumpang.com, Mulyono sudah menjadi pengemudi ojek online sebelas tahun lalu tak lama setelah ride hailing GoJek hadir di Jakarta.

Awalnya sebelum menjadi pengemudi ojek online, Mulyono adalah seorang ojek pangkalan di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Dia memulai debutnya sebagai pengemudi ojek online saat seorang rekannya memberitahu tentang layanan ojek online yang bisa memberinya penumpang tanpa harus menunggu penumpang datang.

Hingga akhirnya pun dirinya tertarik dan mendatangi kantor GoJek yang pertama berada di Mayestik untuk mencari persyaratan yang lebih lanjut. Kemudian setelah jelas, dia memutuskan mendaftar dan mendapat nomor registrasi legendaris yakni ‘001’.

“Satu minggu kemudian, Pak Nadiem Makarim (eks Chief Executive Officer Gojek) memanggil saya. Waktu itu dia masih muda, masih kuliah. Nah, setelah sepakat, saya diberikan jaket seragam. Pas dulu sih, warnanya belum hijau, tapi masih abu-abu,” ujar Mulyono.

Mulyono bahkan menceritakan bagaimana awal dirinya menjadi mitra GoJek. Dia menjelaskan awal kemunculan ride hailing ini sangat berbeda dengan sekarang. Di mana pelanggan menelpon ke pusat layanan atau call center. Kemudian pesanan itu diproses oleh pihak GoJek dan tak lama kemudian pengemudi akan menerima pesan singkat atau SMS yang berisi rincian pesanan serta lokasi penjemputan.

Meski menjadi pengemudi pertama, Mulyono masih melakukan pekerjaannya itu hingga saat ini. Bahkan di kalangan pengemudi, Mulyono dijuluki ’Driver 001’, yang mengacu pada kode registasinya saat pertama mendaftar GoJek.

Baca juga: inDriver, Ojol Asal Rusia Hadir di Banjarmasin, Hadirkan Real-Time Deals

“Saya sendiri juga enggak tahu kenapa begitu, mungkin karena saya ini driver pertama di Gojek,” kata dia.