inDriver, Ojol Asal Rusia Hadir di Banjarmasin, Hadirkan Real-Time Deals

0

Setelah tahun lalu hadir di Medan, Bandung, dan Surabaya, ada kabar dari aplikasi ride hailing asal Siberia, Rusia, yaitu inDriver yang telah hadir di kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan sejak 13 Agustus 2020. Di Banjarmasin inDriver menawarkan layanan yang disebut sebagai ojek pribadi. Jika merujuk pada kehadirannya di Medan, Bandung, dan Surabaya, inDriver hanya melayani transportasi mobil saja.

Baca juga: Belum Lama di Indonesia, Ojol Maxim Ternyata Berasal dari Rusia

“Kami hadir dengan sistem yang berbeda dari layanan ojek online pada umumnya, dimana inDriver menawarkan dengan fitur Tawaran Waktu Nyata (Real-Time Deals – RTD) unik yang mengembalikan kekuatan pengguna dalam menentukan tarif transportasi,” ujar Mohd Zulkarnain, Manajer Komunikasi inDriver dalam pesan tertulis kepada KabarPenumpang.com.

Dalam ilustrasi, saat memesan transportasi dengan inDriver, penumpang akan menetapkan harga untuk rute yang dipilih dan permintaan transportasi akan dikirimkan ke pengemudi terdekat. Pengemudi yang menerima pemberitahuan permintaan transportasi bebas untuk memilih menerima harga yang ditawarkan, bernegosiasi agar mendapatkan harga yang lebih menguntungkan, atau mengabaikan permintaan tersebut.

Penumpang kemudian akan menerima sejumlah tawaran balik dari para pengemudi dan dapat dengan bebas memilih pengemudi yang menawarkan tarif yang diinginkan berdasarkan kriteria pribadi mereka – peringkat pengemudi, perkiraan waktu tiba, atau model kendaraan.

Fitur unik ini membuat layanan transportasi pribadi online lebih mudah diakses, fleksibel, dan terjangkau karena fitur ini juga menanggulangi algoritme yang digunakan oleh layanan transportasi pribadi online lainnya, yang menaikkan harga karena jam sibuk, kondisi lalu lintas, dan riwayat permintaan. “Ini terbukti dengan perjalanan dari Masjid Raya Sabilal Muhtadin ke Muzium Wasaka dengan layanan ojek inDriver pada jam sibuk yang membutuhkan biaya Rp10,000, sekitar 20 persen lebih murah dibandingkan layanan lainnya,” kata Zulkarnain.

Baca juga: Respon Kisruh Tarif, Maxim Ajak Pengemudi Ojol Kompetitor untuk Bergabung

Untuk lebih menghemat biaya perjalanan, inDriver saat ini hanya menerima pembayaran tunai setelah perjalanan selesai, alasannya itu dilakukan untuk menghindari biaya tambahan yang dibebankan oleh bank jika menggunakan kartu kredit atau pembayaran online. Sampai saat ini, ada 241 pengemudi ojek di Banjarmasin yang sudah mendaftar masuk inDriver. Selama waktu yang terbatas, inDriver tidak akan memungut komisi dari pengemudi.

Leave a Reply