Muncul Dengung di Telinga? Jangan Panik, Atasi dengan Cara Tradisional

0
Ilustrasi kuping berdengung

Saban naik pesawat, mungkin telinga Anda bakal berdengung karena ada perbedaan suhu antara di darat dan ketinggian di angkasa. Sebenarnya dengungan ini tidak membahayakan sistem pendengaran, meski harus diakui lumayan mengganggu kenyamanan.

Baca juga: Kuping Berdengung Saat Take Off? Jangan Panik dan Pahami Penyebabnya

KabarPenumpang.com merangkum dari berbagai laman sumber, telinga berdengung atau tinnitus merupakan masalah yang umum dialami seorang manusia. Sebenarnya, jika terjadi Anda tak perlu panik dan ada beberapa cara alami yang efektif untuk mengatasi dengungan di telinga salah satunya seperti menelan ludah atau mengunyah permen jika dengungan terasa saat berada di dalam kabin pesawat. Berikut ini cara alami lainnya jika telinga Anda berdengung.

1. Jauhi suara keras
Dengungan ini tidak disebabkan oleh suara dibawah 75 desibel. Tetapi bagi Anda yang tinggal dekat stasiun kereta api atau bekerja dengan mesin yang keras, baiknya gunakan earbud untuk menghindari dengungan.

2. Jangan gunakan cotton bud
Penggunaan cutton bud untuk membersihkan telinga sebenarnya tidak baik, karena earwax atau serumen didalam telinga bekerja untuk melindungi saluran telinga dari debu, kotoran dan serangga. Cotton bud juga tidak baik karena akan mendorong earwax semakin dekat dengan gendang telinga dan akan memperparah suara dengung. Jadi, jika Anda memiliki terlalu banyak kotoran di dalam telinga dan menyebabkan tidak nyaman, segera ke dokter THT untuk membersihkannya.

3. Pakai earphone dan dengarkan musik
Pasang earphone di telinga dan dengarkan musik yang Anda suka. Biasanya dengan suara musik dengungan di telinga bisa lebih cepat hilangnya. Cara ini juga baik untuk menyembuhkan efek samping dengungan seperti susah tidur dan tidak fokus pada pekerjaan.

4. Gingko biloba
Ramuan ini adalah obat alami terbaik mengusir dengungan karena dapat memperbaiki sirkulasi darah. Gunakan ekstrak gingko biloba 30-60 mg empat kali sehari selama enam minggu dapat membantu menyembuhkan telinga berdengung. Namun, Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi obat herbal ini.

Baca juga: Ingin Bawa Anak Naik Pesawat? Perhatikan Beberapa Poin Penting Ini

5. Periksa tekanan darah
Pada beberapa kasus, dengungan bisa disebabkan karena tekanan darah tinggi. Ini terjadi karena telinga mendapat banyak suplai pembuluh darah dan ketika darah mengalir deras atau tekanan tinggi akan menghasilkan suara menderu. Jadi, bila sering mengalami telinga berdengung dan mengganggu, segera konsultasikan ke dokter dan periksa tekanan darah Anda siapa tahu itu penyebabnya.

Leave a Reply