Nasehat Baik Saat Bawa Anak Jalan-Jalan dengan Pesawat

0
www.independent.co.uk

Sebagai orang tua yang akan membawa anak-anak bepergian menggunakan pesawat, biasanya mempersiapkan barang bawaan dan makanan sudah dilakukan dari jauh-jauh, apalagi bila anak yang dibawa masih bayi dan dibawah usia sepuluh tahun dan dalam perjalanan yang cukup jauh.

Baca juga: Ingin Bawa Anak Naik Pesawat? Perhatikan Beberapa Poin Penting Ini

Ini pastinya akan sangat merepotkan dan melelahkan orang tua. KabarPenumpang.com melansir dari laman irishtimes.com (9/9/2017), beberapa saran perlu digunakan Anda sebagai orang tua dan penumpang yang membawa anak ialah dengan memilih kursi pesawat secara tepat. Pemilihan kursi bisa dilakukan bila memang maskapai membuka layanan tersebut. Tak hanya itu, beberapa maskapai juga ingin dihubungi jika saat bepergian Anda membawa anaak-anak bersama dalam penerbangan.

Bila saat bepergian Anda membawa bayi, biasanya akan mencari kursi sekat untuk keranjang bayi. Tetapi umumnya dalam penerbangan, anak dibawah dua tahun di pangku oleh orangtuanya. Sebab, pesawat tidak memiliki kursi kosong sehingga layanan untuk mendapatkan pelayanan bayi serta anak dibawah sepuluh tahun akan bervariasi dari setiap maskapai. Maka sebaiknya di tanyakan terlebih dahulu kepada pihak maskapai agar tahu apa yang harus Anda lakukan.

Untuk memudahkan Anda, baiknya lihat tata letak semua pesawat di seatguru.com. Selain itu, bila ingin melihat peringkat maskapai Anda bisa melihatnya di airlinequality.com/ratings/a-z-airline-rating/

Melihat tren yang berkembang, kesempatan terbang bersama anak-anak kian meningkat, alasannya karena hiburan dalam penerbangan sudah lebih baik dan membawa anak-anak menjadi lebih nyaman. Layanan kabin pun untuk anak-anak seperti permainan dan makanan spesial terkadang sudah disiapkan oleh pihak maskapai. Di Indonesia sendiri, setiap penerbangan sekelas Garuda Indonesia, orangtua yang membawa anak biasanya diberikan mainan seperti boneka atau mainan lainnya yang memang sudah dipersiapkan oleh awak kabin.

Baca juga: Melahirkan di Dalam Pesawat, Antara Jaminan Terbang Gratis dan Isu Kewarganegaraan

Jika Anda bepergian dengan maskapai biaya rendah atau LCC baiknya bawa makanan ringan dan minuman sedikit lebih banyak dibanding saat menggunakan penerbangan layanan penuh (full service). Jangan lupa saat Anda membawa anak ikut serta dalam penerbangan, isi ransel anak dengan mainan, buku mewarnai, boneka hingga makanan ringan. Biarkan anak Anda merasakan penerbangan bila ingin duduk dekat jendela untuk melihat pemandangan dari udara.

Sedangkan bila Anda membawa bayi, sertakan pakaian ekstra, isi tas dengan popok, lap dan baju menjadi satu agar tidak membongkar-bongkar lagi. Bawa juga handuk kecil atau kain yang berguna untuk segala macam hal. Bawa permen yang bisa dikunyah anak-anak Anda saat lepas landas atau mendarat. Permen ini berguna untuk mengurangi tekanan pada telinga anak-anak. Salah satu maskapai yang memberikan layanan untuk anak yakni Etihad Airlines memiliki nanny atau pengasuh yang terlatih untuk membantu anak-anak.

Leave a Reply