Neoplan Jumbocruiser – Bus Tingkat yang Pernah Sabet Guinness World Records

0
Neoplan Jumbocruiser

Neoplan Jumbocruiser masuk dalam Guinness World Records sebagai bus terbesar di dunia dengan kapasitas 170 penumpang. Namun sayangnya tidak diketahui dengan jelas tahun kapan dan masuk dalam kategori apa sehingga mendapat rekor dari Guinness World.

Baca juga: Dari Paris, Inilah Schneider Brillié P2 – Bus Tingkat Pertama di Dunia

Ini adalah bus tingkat satu-satunya yang pernah dibuat di Jerman. Bus tingkat tersebut dibangun oleh Neoplan Bus GmbH antara tahun 1975 dan 1992. Bus ini memiliki panjang 18 meter dengan lebar 2,5 meter dan tinggi empat meter.

Model terakhir dari Neoplan Jumbocruiser memiliki formula gandar yang berbeda karena mesin yang dipasang ada di bagian belakang. Jumbocruiser pertama kali diproduksi pada tahun 1975. Sayangnya ini tidak pernah masuk ke produksi skala penuh.

Satu Jumbocruiser dengan tempat duduk yang sangat nyaman untuk 80 penumpang mengoperasikan rute dari Belgia ke Spanyol pada pekerjaan intensitas tinggi. Ini menempuh jarak sekitar 99 ribu mil atau sekitar 160 ribu km dari yang baru.

Namun bus ini pernah terlibat dalam kecelakaan dan membuatnya terguling yang mana awalnya diklaim disebabkan oleh kesalahan desain tetapi banyak pihak sepakat itu adalah kesalahan pengemudi yang minum secangkir kopi. Kemudian bus tingkat ini dibangun kembali oleh Jumbocruiser Ltd (tidak ada koneksi) dari Bristol di Inggris.

Mereka menggunakan jasa Richard Cœur de Lyon (sekarang disebut Caross Center) di dekat Mons di Belgia untuk melucuti pelatih sepenuhnya dan membangunnya kembali ke desain yang lebih modern, dan dengan suspensi yang dimodifikasi. Meja putar digital modern disiapkan dan dipasang oleh HÜBNER di Jerman.

Mesin pembakaran internal, gearbox, sistem pengereman, alat tenun kabel dan dasbor diganti dan ditingkatkan. Dasbor baru dengan unit pembungkus semi-digital dipasang sebagai pengganti unit datar asli yang rawan karat. Tutup depan dan ujung modern dipasang, dan akhirnya dikurangi setelah ditemukan terlalu lebar.

Baca juga: Bus Tingkat Ternyata Awalnya di Paris Bukan London

Kendaraan itu diuji oleh Vehicle and Operator Services Agency di Inggris pada November 2006 dan pada 2007 Jumbocruiser Ltd. mulai memasarkan bus sebagai bus tidur bintang “rock ‘n’ roll”. itu pada Februari 2010.