Nostalgia dengan 5 Peta Jadul Jangkauan Maskapai, Mana Lebih Kreatif?

0
Peta jaringan atau jangkauan jadul Air France, yang dirancang pada tahun 1939 oleh Gerard Alexandre. Foto: creativereview.co.uk

Penerbangan komersial senantiasa bergerak dari waktu ke waktu. Seiring perkembangan zaman, mayoritas orang mulai mengingat kembali berbagai layanan yang disuguhkan pada era awal penerbangan komersial dengan penerbangan saat ini.

Baca juga: Inilah 11 Perbedaan Maskapai Penerbangan Era 70-an dengan Sekarang

Namun, di balik semua itu (perbincangan terkait perbedaan layanan dulu dan kini), terselip satu hal yang sebetulnya juga menarik untuk diperbincangkan, sekalipun sekedar bernostalgia. Satu hal itu adalah peta jangkauan jadul atau vintage airline maps.

Dilihat KabarPenumpang.com dari creativereview.co.uk, tak seperti sekarang, peta jangkauan maskapai-maskapai terdahulu bisa dibilang sangat kreatif, dengan permainan kartografi yang memadukan warna dan karikatur serta berbagai unsur seni lainnya. Agar lebih jelas, berikut daftar lima peta jangkauan jadul maskapai di masa lalu.

1. BOAC (British Overseas Airways Corporation)

Peta jangkauan BOAC. Foto: creativereview.co.uk

British Overseas Airways Corporation adalah maskapai penerbangan nasional Britania Raya yang dibentuk tahun 1940 melalui penggabungan atau merger antara Imperial Airways dan British Airways. Maskapai ini bisa dibilang cukup populer di zamannya, mengingat mereka bisa mengoperasikan sampai 200 pesawat saat peak season. Poster di atas adalah keluaran 1947 karya salah satu kartografi atau desain grafis ternama asal Jerman, Frederick Henri Kay Henrion.

2. Airliners Deluxe

Airliners Deluxe poster keluaran tahun 1935. Foto: creativereview.co.uk

Poster peta jangkauan maskapai ini keluar pertama kali pada tahun 1935 tanpa diketahui siapa pembuatanya. Mesk demikian, mungkin, pecinta aviasi cukup terhibur dengan kolaborasi warna, pemilihan font, dan karikatur beberapa jaringan maskapai ke negara-negara di Eropa.

3. Imperial Airways

Poster Imperial Airways karya Henry Beck tahun tahun 1935. Foto: creativereview.co.uk

Imperial Airways sendiri merupakan perusahaan transportasi udara jarak jauh komersial pertama Britania Raya yang beroperasi mulai 1924 sampai 1939. Maskapai ini melayani sejumlah wilayah di Eropa, terutama rute Britania ke Afrika Selatan, India dan Timur Jauh atau Asia Pasifik, termasuk Malaya dan Hong Kong.

Maskapai legendaris ini akhirnya merger dengan BOAC. Sama seperti Airliners Deluxe, peta jangkauan Imperial Airways juga dibuat pada tahun 1935 oleh seorang kartografi kenamaan Inggris, Henry Beck, yang juga merancang peta jaringan bawah tanah London atau biasa juga disebut Peta London Underground (tube map); berisi peta transportasi skematik yang menggambarkan jalur, stasiun, dan fasilitas London Underground.

4. Air France

Peta jaringan atau jangkauan jadul Air France, yang dirancang pada tahun 1939 oleh Gerard Alexandre. Foto: creativereview.co.uk

Siapa yang tak kenal Air France, maskapai nasional terbesar di Perancis. Sejak awal pendiriannya pada tahun 1933, maskapai ini telah berkembang sebagai maskapai terbesar dunia yang didukung oleh pengembangan ekonomi Perancis yang menghubungkan daerah jajahan di Afrika, Karibia & Kepulauan Polinesia di Pasifik. Peta jaringan atau jangkauan jadul Air France, yang dirancang pada tahun 1939 oleh Gerard Alexandre ini mungkin bisa sedikit menggambarkan eksistensi mereka bahkan sejak awal berdiri.

5. Air Ceylon

Peta jangkauan Air Ceylon keluaran tahun 1950. Foto: creativereview.co.uk

Di antara nama besar maskapai Eropa, rupanya terdapat satu maskapai jadul asal Asia yang juga memiliki desain unik peta jangkauan jadul, yakni Air Ceylon. Flag carrier Sri Lanka yang didirikan pada tahun 1947, sebelum stop operasi pada1978 dan kini digantikan dengan Air Lanka, ternyata pernah membuat poster peta jangkauan unik keluaran tahun 1950. Dibanding empat poster peta jadul jangkauan maskapai, mungkin karya Air Ceylon inilah yang paling unik, dengan menyertakan unsur nasionalisme mereka; gajah.

Leave a Reply