Nyaris Terjun Ke Laut Mati, Boeing 737-800 Pegasus Airlines Tergelincir Akibat Cuaca Buruk

0
Pegasus Airlines tergelincir di landasan pau bandara Turki (Reuters)

Adegan dramatis belum lama ini terjadi di Bandara Trabzon, Turki, Minggu dini hari lalu, sebuah pesawat Boeing 737-800 Pegasus Airlines telah tergelincir dari landasan, yang membuat berbeda adalah badan pesawat terperosok hingga mendekati bibir Laut Mati, posisi pesawat yang menjorok tajam dan hanya beberapa meter dari laut, menjadikan proses evakuasi pada 162 penumpang, dan enam kru pesawat berjalan mendebarkan.

Baca juga: Akibat “Teror” Kotoran Manusia, Penerbangan United Airlines Terpaksa Dialihkan

Salah seorang penumpang Fatma Gordu mengatakan bahwa pesawat yang sedang melakukan pendaratan tersebut miring, bagian depan jatuh saat bagian belakang pesawat naik. Saat itu juga tercium bau bahan bakar. Saat kejadian cuaca di lokasi pendaratan sedang mengalami hujan lebat.  “Kami pikir akan ada kebakaran. Orang-orang panik, ada ibu hamil dan anak-anak dalam pesawat,” ujar Gordu yang dikutip KabarPenumpang.com dari laman abc.net.au (15/1/2018).

Kejadian ini terjadi pada Sabtu (13/1/2018) malam, dimana pesawat dengan rute Ankara – Trabzon yang akan mendarat di bandara Trabzon Turki tergelincir saat di landasan pacu dan terperosok keluar landasan di tengah lereng curam dekat Laut Mati. Pesawat ini berangkat dari Ankara menuju Trabzon sekitar pukul 11.25 malam.

Sebelum pesawat tergelincir diketahui, saat itu kondisi cuaca hujan dan landasan pacu basah ketika mendarat. Pesawat tersebut kemudian sulit untuk melambat di landasan dan tergelincir ke arah sisi landasan tepat dekat Laut Mati.

Data dari situs pelacak penerbangan RadarBox menunjukkan bahwa pesawat tersebut berusaha mengurangi kecepatannya saat mendarat.  Pesawat tersebut melakukan perjalanan dengan kecepatan 110 knot atau 204 km per jam pada sepertiga akhir landasan pacu. Akibat insiden tergelincirnya Pegasus Airlines membuat bandara ditutup selama beberapa jam. Gubernur Trabzon Yucel Yavuz mengatakan semua penumpang selamat dari pesawat dan beberapa di antaranya pergi ke rumah sakit sebagai tindakan pencegahan.

Baca juga: Lima Penyebab Umum Terjadinya Kecelakaan Pesawat

Atas kejadian ini, Pegasus Airlines yang merupakan maskapai penerbangan dengan biaya rendal (LCC) asal Turki mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka menyesal penerbangan PC 8622 terjadi insiden tergelincir di landasan pacu saat mendarat. “Sebanyak 162 penumpang, 2 pilot dan 4 awak kabin telah turun dengan aman dari pesawat. Tidak ada kehilangan nyawa atau cedera pada siapa pun di kapal, “kata pernyataan tersebut.

Leave a Reply