NYIA Kulon Progo Beroperasi Pertengahan 2019, Inilah Kesiapan Kereta Bandaranya

Rencananya New Yogyakarta International Airport (NYIA) atau Bandara Kulon Progo akan mulai beroperasi pada pertengahan tahun 2019. Untuk mendukung bandara tersebut PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan menghubungkannya dengan jalur kereta api ke Stasiun Tugu dan Bandara Adisutjipto.

Baca juga: KA Solo Ekspres Mengular di Jalur Kereta Api Solo-Yogyakarta-Kutoarjo

Dirangkum KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber, pihak KAI saat ini membuka akses menuju ke NYIA dengan pembangunanan jalur kereta api baru. Sembari menunggu jalur tersebut selesai, nantinya penumpang akan menggunakan jalur kereta api eksisting atau yang sudah ada dari Stasiun Maguwo hingga Stasiun Wojo.

Sebab bila diperkirakan jarak antara Stasiun Wojo dan NYIA hanya sepuluh menit menggunakan bus. Sehingga akan disediakan bus atau shuttle untuk melanjutkan menuju bandara dari Stasiun Wojo. Kereta yang akan digunakan untuk kereta bandara sendiri adalah rangkaian kereta Solo Ekspres.

Bahkan nantinya kereta jarak jauh dari Surabaya, Solo, Madiun dan Purwokerto bisa berhenti di terminal. Sehingga penumpang yang akan umroh bisa di layanani melalui bandara baru tersebut.

Terkait masalah kereta api jarak jauh, Manager Humas PT KAI Daerah Operasional (Daop) VI, Eko Budiyanto menjelaskan, bila penerbangan di NYIA sudah beroperasi, PT KAI juga siap bila harus mengatur ulang jadwal KA agar sesuai dengan penerbangan.

“Kalau sudah fix, semuanya bisa diatur. PT KAI (Persero) sudah siap. Armada untuk mendukung penerbangan di NYIA juga sudah siap. Nanti armada bisa ditambah juga, kita melihat situasi dan kondisi, jamnya juga bisa diubah sesuai dengan jam penerbangan,” ujar Eko yang dikutip dari tribunjogja.com, Selasa (22/1/2019).

Sementara itu, untuk jalur KA menuju NYIA, Eko mengatakan hal tersebut merupakan kewenangan Dirjen Perkeretaapian. Sehingga pihaknya belum bisa berkomentar banyak mengenai perkembangan jalur tersebut.

“Jalur KA ke NYIA tahapan masih proses AMDAL, itu kewenangan Pusat, Dirjen Perkeretaapian. Jalur KA bukan kewenangan PT KAI, jadi saya tidak berani berkomentar. Kalau armadanya dari PT KAI . Namun mengenai Armada kami selalu siap,” ungkapnya.

Baca juga: Saingi Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Kulon Progo Kelak Juga Bisa Tampung Airbus A380

Diketahui, jalur kereta api yang akan dibangun menuju bandara tersebut adalah jalur kereta api baru dengan jarak sekitar 3-5 kilometer dari Desa Kedundang hingga bandara.