Operator Kereta Cepat Arab Saudi (Kembali) Revisi Jadwal Peluncuran

Kereta Cepat Haramain. Sumber: istimewa

Masih ingatkah Anda dengan kereta cepat di Arab Saudi, Haramain Express? Ya, kereta yang dicanangkan akan mengangkut para tamu Allah ini baru saja merevisi jadwal pengoperasian perdananya. Sebelumnya, pihak operator telah memperkirakan pembukaan jalur kereta ini akan rampung pada pertengahan Maret 2018 kemarin. Namun sayangnya, perkiraan tersebut meleset setelah pada bulan Februari, pihak operator mengatakan bahwa masih harus menyelesaikan terlebih dahulu lima stasiun yang ada pada jalur tiga jaringan kereta cepat ini.

Baca Juga: Jelang Pengoperasian Komersial, Haramain Express Belum Tentukan Tarif

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman ArabNews (6/5/2018), Menteri Transportasi Saudi Nabil bin Mohammed Al-Amoudi dan pihak operator telah menandakan September 2018 sebagai target peluncuran operasi kereta cepat Haramain Express ini. Negosiasi terus berlanjut antara pihak berwenang di Arab Saudi dan Konsorsium Al-Shoula yang bertanggung jawab atas kontrak sistem kereta api senilai €6,7 biliun ini.

Adapun tujuan dari negsiasi tersebut adalah untuk mencoba dan menyetujui kapan jaringan kereta api sepanjang 450 km ini siap untuk memulai operasi komersial. Kepala Eksekutif SAR, Dr Bashar AlMalik mengatakan bahwasanya dia berharap layanan dapat dimulai “dalam beberapa minggu ke depan,” ungkapnya. Ini membuka kemungkinan operasi komersial dapat dimulai sebelum Lebaran Haji tahun ini.

Ketika sang operator optimis dapat mengoperasikan kereta cepat Haramain Express ini pada September 2018 mendatang, namun ada saja beberapa pihak yang justru menunjukkan respon kebalikannya. Sebut saja sebuah media Spanyol yang mengatakan bahwa proyek kereta ini akan kembali meleset dari target dan baru rampung pada akhir tahun 2019 mendatang.

Baca Juga: Kereta Cepat Haramain Siap Layani Tamu Allah Akhir Tahun Ini

Sebelumnya, Saudi Public Transport Authority (PTA) mengaku pihaknya belum menentukan harga yang akan dikenakan kepada para penumpang kereta cepat yang menghubungkan Mekkah dan Madinah ini. Kendati demikian, otoritas transportasi tersebut mengatakan tengah melakukan penjajakan untuk menemukan harga tiket yang tepat.

Nantinya, para penumpang Haramain Express ini dapat menggunakan layanan Wifi OnBoard serta tempat duduk yang sangat nyaman. Tidak hanya itu, para Tamu Allah ini juga dapat menikmati beragam teknologi canggih yang terpasang di dalam kereta Haramain Express.