Optimalkan Kenyamanan Penumpang, Bombardier Desain Bangku Nuage

Sumber: Newatlas.com

Salah satu aspek yang menentukan kenyamanan penumpang selama mengudara adalah desain bangku. Ya, selain jarak antar bangku yang cukup jauh, ternyata desain bangku pun memegang peranan penting dalam menunjang kenyamanan. Maka tidak heran jika para penyedia jasa penerbangan dan produsen pesawat memikirkan bagaimana caranya untuk meningkatkan kenyamanan penumpang dengan cara mendesain ulang bangku penumpang ini.

Baca Juga: Bombardier Tingkatkan Kenyamanan Penumpang di Flight Test Global 7000

Salah satu perusahaan yang memiliki desain bangku paling menjanjikan kenyamanan adalah Bombardier. Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman newatlas.com (3/5/2018), Bombardier mengklaim bahwa dirinya optimis dapat mengubah desain bangku pesawat yang sudah menghiasi dunia aviasi global selama kurang lebih 30 tahun lamanya. Bangku Nuage Bombardier Business Aircraft memulai debutnya di pesawat Global 7000.

Tidak hanya menggunakan kulit dan bahan lainnya yang berkualitas premium, bangku Nuage ini juga memiliki sejumlah fitur yang dapat memanjakan penumpang selama perjalanan. Dalam laman resmi Bombardier, perusahaan yang berbasis di Montreal, Quebec, Kanada ini menyebutkan ada lima keuntungan yang ditawarkan oleh bangku Nuage.

Jika reclining seat versi terdahulu hanya menggerakkan sandaran saja, maka berbeda dengan bangku Nuage yang menggunakan teknologi tilt-link dimana bagian belakang dari dudukan bangku akan ‘tenggelam’ sehingga lebih memaksimalkan kenyamanan penumpang ketika tengah rebahan.

Fitur lain dari bangku Nuage adalah Fluid Movement System yang bekerja dengan dasar mengambang yang dipatenkan. Adapun fungsi dari fitur tersebut adalah memungkinkan bangku berputar arah tanpa membutuhkan rel tambahan pada lantai pesawat.

Baca Juga: Atasi Dampak Kebisingan di Bandara, Bombardier Rilis Jet C Series

Bombardier pun membocorkan satu lagi keuntungan dari bangku pesawat yang mereka kembangkan, yaitu pergerakan dari headrest yang lebih fleksibel. Jika pada bangku biasa headrest hanya bisa dinaik-turunkan, maka berbeda dengan bangku Nuage yang dirancang untuk mengoptimalkan posisi leher penumpang dalam berbagai kondisi, sehingga penumpang dapat membaca dan menonton sembari rebahan.

“Dalam mendesain bangku Nuage, kami memeriksa setiap kebutuhan dan kenyamanan penumpang yang biasanya muncul ketika duduk dalam penerbangan dan meluncurkan proses terhadap kami karena bangku yang kurang nyaman,” kata Peter Likoray, Senior Vice President, Sales and Marketing dari Bombardier Business Aircraft.