Otentikasi Penumpang Negatif Covid-19, Bandara Changi Hadirka Universal Verifier Affinidi

0
(Affindi)

Menjadi negara yang bisa dikatakan paling melek teknologi, Singapura kembali menghadirkan solusi yang mempercepat pemeriksaan imigrasi. Nantinya solusi Universal Verifier Affinidi ini diterapkan untuk memungkinkan Bandara Internasional Changi di Singapura mengotentikasi secara digital para pelancong yang telah dites negatif Covid-19.

Baca juga: Lindungi Kesehatan Penumpang, Bandara Changi Kenalkan Sistem Zonasi Terbaru

Dilansir KabarPenumpang.com dari zdnet.com (14/7/2021), CEO Affinidi Glenn Gore mengatakan optimis bahwa sertifikat verifikasi digital akan memungkinkan perjalanan udara dilanjutkan dengan aman dan terjamin.  Ia mencatat bahwa solusi Universal Verifier Affinidi tengah digunakan bandara untuk mengotentikasi secara digital para pelancong yang tiba di Negeri Singa itu. Di mana hasil tes negatif Covid-19 mereka serta persyaratan kesehatan lainnya dapat dipenuhi.

“Solusi ini sudah live sekarang. Sebenarnya kalau ke Singapura dan melewati Changi Airport, kita akan melalui Affinidi’s Universal Verifier oleh pihak imigrasi. Kami mengenali 15 standar global yang berbeda hari ini, sehingga petugas imigrasi tidak peduli dari negara mana Anda berasal dan menyajikan informasi itu secara konsisten dengan cara yang aman untuk memungkinkan perjalanan yang aman,” ujarnya.

“Menggunakan kredensial yang dapat diverifikasi, pengalaman penumpang dimulai dari kami, memesan tiket secara online, seperti yang biasa dilakukan. Setelah menyelesaikan pembelian tiket itu, maskapai sebenarnya akan mengirimkan beberapa instruksi mengenai persyaratan baru ini di mana calon penumpang harus melakukannya dengan pergi dan kunjungi klinik, kemudian ambil tes swab Covid dan klinik itu akan mengeluarkan hasil tes Covid calon penumpang. Hasil tes itu akan menjadi kode QR yang bisa saya lihat, bersama dengan detail tercetak,” kata Glenn.

Dia menambahkan, saat tiba di bandara, pengalaman pertama yang akan didapat adalah berbicara dengan agen pemeriksa. Kemudian ke loket check in untuk mendapatkan kursi penerbangan dan meminta melihat kresedensial penumpang.

Baca juga: Singapore Airlines Hadirkan Layanan Verifikasi Digital Covid-19 yang Juga Bisa Jadi ‘Paspor Vaksin’

Selain menggunakannya untuk penerbangan, Glenn percaya sistem tersebut dapat digunakan untuk berbagai skenario domestik lainnya termasuk check in ke hotel, memasuki acara olahraga dan konser skala besar, dan “semua hal yang kami nikmati sebelum Covid”.

LEAVE A REPLY