Otoritas Penerbangan Sipil Arab Saudi Tarik Semua Lisensi Qatar Airways

0
Sumber: Victorynews

Meski sempat melunak saat musim Haji kemarin, buntut perselisihan antara Arab Saudi dan Qatar nyatanya tak lantas surut. Otoritas Penerbangan Sipil Arab Saudi atau Saudi Arabia’s General Authority of Civil Aviation (GACA) justru baru-baru ini memutuskan menarik semua lisensi yang diberikan kepada maskapai Qatar Airways. GACA juga memerintahkan untuk menutup semua kantor yang dimiliki maskapai Qatar yang ada di Arab Saudi.

Baca juga: Terdampak Kisruh Diplomatik, Jamaah Asal Qatar Sulit Tunaikan Ibadah Haji

KabarPenumpang.com melansir dari laman airport-technology.com (07/06/2017), penutupan dan pencabutan lisensi dari GACA juga berdampak pada semua pegawai Qatar Airways yang juga dicabut izin bekerjanya. Keputusan ini muncul setelah hubungan diplomatik dan konsuler diputus oleh pemerintah Arab Saudi dengan Qatar.

Sebuah surat edaran dikeluarkan oleh GACA yang isinya melarang semua maskapai penerbangan Qatar dan pesawat negara bagian atau milik pemerintah Qatar untuk mendarat atau pun terbang melintasi wilayah udara Arab Saudi. Tak berhenti disitu, GACA juga melarang semua maskapai milik Arab Saudi,baik itu komersial milik swasta atau pemerintah serta penerbangan charter untuk beroperasi lagi di Qatar.

Surat perintah dengan nada yang serupa juga dikeluarkan oleh Pemerintah Mesir sehubungan dengan penerbangan yang beroperasi antara Mesir dan Qatar. Pihak berwenang Mesir juga menutup wilayah udaranya untuk semua penerbangan yang berbasis di Qatar.

Keputusan serupa juga diambil oleh Uni Emirat Arab (UEA) dan Bahrain. Menanggapi perintah penutupan di wilayah udara yang di ambil oleh negara-negara Arab, Qatar Airways akhirnya menangguhkan semua penerbangannya ke Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Bahrain dan Mesir.

Baca juga: Terlepas Soal Boikot, Qatar Masih Rajai Penerbangan Langsung Jarak Jauh di Dunia

Dalam perintah tersebut, GACA menyarankan pada semua penumpang yang sudah memesan tiket penerbangan dari dan ke Qatar agar menghubungi maskapai penerbangan atau agen perjalanan untuk mendapatkan kembali uang mereka atau kompensasi. Kantor pusat GACA berada di kota Riyadh, badan inilah yang mengawasi dan mengatur masalah penerbangan dan hal terkait lainnya.

 

Leave a Reply