Ouigo, Kereta Cepat Bergaya TGV dengan Tarif Rendah

Sumber: youtube.com

Ternyata tidak hanya pesawat saja yang memiliki pilihan perjalanan berbiaya rendah (LCC), tapi kereta cepat juga punya hal senada. Seperti yang baru saja terjadi di Perancis, dimana sebuah layanan kereta berbiaya rendah, Ouigo, diberangkatkan dari Stasiun Metro Paris Montparnasse untuk pertama kalinya. Sontak, layanan baru ini menuai respon positif dari berbagai kalangan yang merasa layanan naik TGV (kereta peluru Perancis) terlalu mahal.

Baca Juga: Introduire! Layanan Kereta Cepat di Perancis Pengganti TGV

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman connexionfrance.com (10/12/2017), kereta cepat bertarif rendah ini akan beroperasi di daerah pinggiran Paris, yaitu antara Massy dan Palaiseau, yang berarti bahwa setiap penumpang yang ingin mencapai pusat kota Paris perlu melakukan perjalanan ekstra selama setengah jam, setelah meninggalkan kereta Ouigo. Sekarang, kereta yang memungkinkan para penumpangnya untuk melakukan perjalanan antara Bordeaux dan Paris dalam waktu kurang dari dua jam dengan harga di bawah €30 ini akan berangkat dan memasuki kota dari terminal pusat.

Untuk harga, ada sedikit kenaikkan. Tiket satu arah yang dulu dibanderol €10 kini naik menjadi €16. Sedangkan tiket untuk anak-anak yang semula berada di harga €5 kini naik menjadi €8. SNCF, selaku operator kereta di Perancis berharap, hal ini akan mendorong lebih banyak penumpang untuk menggunakan layanan Ouigo. Mereka mengklaim bahwa akan ada lebih dari tujuh juta orang yang menggunakan layanan ini pada akhir tahun 2017.

Lebih lanjut, perusahaan tersebut memperkirakan bahwa sekitar 13 juta penumpang akan menggunakannya pada akhir 2018, dan berharap pada tahun 2020, Ouigo akan mewakili seperempat dari semua perjalanan kereta berkecepatan tinggi di Perancis. “Ini merupakan penawaran yang menakjubkan,” jelas Stéphane Rapebach, direktur jenderal Ouigo.

Sedikit yang membedakan Ouigo dengan layanan supreme lainnya di Perancis adalah ketidaktersediannya kereta makan di Ouigo. Kereta cepat berbiaya rendah ini hanya memiliki satu kelas tempat duduk. Uniknya, setiap penumpang yang membawa koper atau barang besar lainnya, akan dikenakan biaya tambahan sebesar €5 per item.

Baca Juga: TGV, Masih Jadi Lambang Supremasi Kereta Cepat Eropa

Demi meningkatkan On Time Performance, para penumpang yang hendak menggunakan layanan TGV atau Ouigo, dihimbau untuk tiba di stasiun paling lambat 30 menit sebelum keberangkatan, karena dikhawatirkan keterlambatana keberangkatan akan menghambat perjalanan kereta lainnya yang menggunakan jalur yang sama.