Pakaian Apa yang Selazimnya Dikenakan Penumpang Pesawat?

0
Sumber: iStock

Khususnya di Indonesia, perjalanan via jalur udara hingga saat ini masih dipandang menjadi yang paling eksklusif diantara moda transportasi lainnya. Jadi, bukan tidak mungkin apabila Anda akan menemukan penumpang pesawat yang mengenakan pakaian yang tidak biasa atau berdandan all out layaknya hendak pergi ke sebuah acara. Namun, apakah penumpang layak dan diperbolehkan untuk mengenakan pakaian yang bisa dibilang terlalu berlebihan di dalam pesawat?

Baca Juga: Tak Pandang Bulu, Langgar Tata Cara Berpakaian Bisa Depak Penumpang dari Penerbangan

Agar tidak rancu, pakaian berlebihan di sini maksudnya adalah pakaian yang tidak pantas dipandang karena terlalu minim atau tipis sehingga dapat mengganggu ‘kenyamanan’ penumpang lainnya.

Guna menjawab pertanyaan di atas, KabarPenumpang.com mengutip dari laman traveller.com.au, dimana sejatinya tidak ada regulasi yang mengatur secara rinci tentang tata busana penumpang di dalam pesawat. Namun peraturan berbeda kadang diterapkan oleh beberapa maskapai – dimana ini akan merujuk pada kenyamanan penumpang lain yang ada di dalam penerbangan terkait. Sebut saja maskapai Qantas yang masih mengijinkan para penumpangnya untuk mengenakan pakaian yang nyeleneh hingga bertelanjang kaki di lounge – tapi tidak ketika di dalam pesawat.

Peraturan hampir serupa juga diterapkan oleh Virgin Australia, dimana pihak maskapai mengijinkan para penumpangnya untuk mengenakan pakaian yang menutupi tubuh bagian bawah kendati di atasnya hanya mengenakan singlet – dan tidak diijinkan untuk bertelanjang kaki.

Pada intinya, selama Anda tidak mengenakan pakaian yang akan mengganggu pengoperasian penerbangan dan kenyamanan penumpang lain, maka itu masih diperbolehkan.

Namun, nilai subjektifitas seseorang terhadap pakaian vulgar yang serba terbuka kadang masih menjadi perdebatan hingga saat ini. Mungkin seorang wanita akan menganggap baju yang dikenakannya masih cukup sopan, padahal belahan dada dan perutnya terumbar kepada penumpang lain – atau mungkin celana yang dikenakan terlalu pendek. Ya, tidak jarang perdebatan soal pandangan yang subjektif ini terjadi di dalam penerbangan.

Baca Juga: Kenakan Pakaian Berlapis-Lapis, Pria Ini Dicekal di Bandara Keflavik!

Jadi, sebaiknya apa yang harus Anda kenakan ketika hendak mengudara?

Sederhana saja, cukup kenakan pakaian yang menurut Anda nyaman dan diperkirakan tidak menimbulkan polemik selama penerbangan. Hindar baju-baju yang dapat mengundang syahwat kaum pria, dan kenakanlah alas kaki yang sewajarnya. Dengan begitu, penerbangan Anda akan aman dari kasus pakaian yang tidak senonoh!

Leave a Reply