Panasonic Uji Coba Kursi Roda Otonom di Bandara Haneda

(www.digitaltrends.com)

Penyandang disabilitas, para lansia dan penumpang pesawat berkebutuhan khusus sebentar lagi akan dimudahkan saat berada di bandara Haneda, Tokyo. Pasalnya, manufaktur elektronik asal Negeri Sakura, Panasonic baru-baru ini telah memperkenalkan kursi roda listrik yang nantinya akan ditempatkan di bandara-bandara utama di seluruh wilayah, hal ini terkait ajang Olimpiade 2020 yang akan mengambil lokasi di Jepang.

Baca juga: Fasilitasi Olimpiade 2020, Tokyo Canangkan Penggunaan Mobil Otonom

Ingin agar solusinya siap pada waktunya, Panasonic kini tengah melakukan serangkaian percobaan kursi roda listriknya di Bandara Internasional Haneda. KabarPenumpang.com melansir dari digitaltrends.com (9/8/2017), uji coba kursi roda listrik dilakukan untuk melihat tempat yang mudah di akses oleh pengunjung dan penumpang. Penggunaan kursi roda ini nantinya akan menggunakan aplikasi smartphone khusus. Apalagi kursi roda biasanya langsung dibutuhkan saat penumpang tiba di bandara untuk melakukan perjalanan dengan pesawat atau setelah penumpang keluar dari pesawat terbang.

kursi roda listrik buatan Panasonic (www.digitaltrends.com)

Beberapa hal terjadi yakni kursi roda tersebut mengantar penumpang dan membantu mereka menuju meja check in. Kemudian mengantar penumpang menuju ke gate sesuai permintaan penumpang dan perjalanan berakhir hingga ke gate yang ditentukan. Kemudian setelah mengantar, kursi roda tersebut kembali membantu pengunjung lainnya.

Setelah jam operasional bandara berakhir, kursi roda listrik tersebut sudah diatur otomatis untuk menuju ketempat pemeliharaan dan penyimpanan. Juru bicara Panasonic mengatakan, kursi roda otonom menggunakan perangkat lunak pemetaan dan sensor built in agar tidak menabrak penumpang lain, koper atau semua hambatan lain yang dapat diharapkan saat bandara sangat sibuk.

Baca juga: Sensor 3D Vayyar, Pasangan Cocok Untuk Mobil Otonom

Kursi roda akan diuji di Haneda sampai Maret 2018 dengan tujuan untuk melihat beberapa kekurangan yang mungkin terjadi versi. Sebelum ini, di tahun 2016, raksasa mobil Jepang, Nissan meluncurkan kursi mengemudi sendiri yang disebut ProPilot. Juru bicara Nissan mengatakan, ProPilot adalah konsep produk yang menunjukkan perkembangan mobil dengan kursi mengemudi sendiri.

Nissan mendemonstrasikan bagaimana kursi itu bisa berguna bagi pelanggan yang antri di luar restoran yang sibuk. Dengan, katakanlah, enam kursi diatur dalam antrean, pelanggan bisa duduk dan menunggu sampai mereka mencapai garis depan. Ketika seseorang mengosongkan kursi pertama untuk memasuki restoran, kursi kosong secara otomatis melaju ke bagian belakang jalur sehingga orang baru bisa duduk, sementara lima kursi yang tersisa, dan orang-orang yang duduk di dalamnya, secara otomatis mengarah ke bagian depan Garis di luar pintu masuk ke restoran.

Baca juga: Lihat Dampak Pada Kota, iCity-CATT Akan Tinjau Teknologi Pada Mobil Otonom

Perusahaan menyarankan agar ProPilot bisa menghilangkan kebosanan dan ketegangan fisik yang antri.