Pasang Tarif Rp30 Ribu, KA Bandara YIA Resmi Beroperasi Hingga Stasiun Wojo

Bandara Internasional Yogyakarta (YIA – Yogyakarta International Airport) telah resmi beroperasi kemarin, 6 April 2019, yang ditandai dengan penerbangan perdana komersial pesawat Airbus A320 dari maskapai Citilink. Dan mendukung moda transportasi dari dan ke bandara yang berdekatan dengan Pantai Selatan Jawa ini, Kereta Api (KA) Bandara YIA juga telah resmi beroperasi per 6 April.

Baca juga: Sempat Jadi Tempat Persusulan Kereta, Stasiun Wojo Direaktivasi Untuk Transit Kereta Bandara

Namun perlu diketahui, meski namanya adalah kereta bandara, sampai saat ini belum tersedia stasiun kereta di Bandara YIA. Untuk penumpang KA Bandara yang akan menuju YIA, maka akan turun di Stasiun Wojo yang berada di Purworejo. Stasiun inilah yang berlokasi paling dekat dengan bandara. Sementara dari Stasuin Wojo ke lokasi bandara telah disediakan shuttle bus bekerja sama dengan PT Damri. Jarak dari Stasiun Wojo ke lokasi bandara sekitar 6,8 kilometer dan dapat ditempuh selama lebih kurang 15 menit.

“Kedepan akan dibangun stasiun di area Bandara YIA yang terletak di Kecamatan Temon, Kulonprogo,” ujar Edi Sukmoro, Direktur Utama PT KAI dikutip dari bisnis.com (5/5). Sesuai rencana, jalur kereta api ke Bandara YIA akan menggunakan jalur utama (eksisting). Nantinya akan dibangun jalur baru dari Stasiun Kedundang ke arah selatan menuju bandara dan terus ke barat bergabung dengan Stasiun Kedundang. Saat ini proses sosialisasi pengadaan lahan sudah dilakukan. PT Angkasa Pura I juga sudah menyiapkan tempat untuk jalur kereta di areal bandara.

Operasional KA Bandara disesuaikan dengan jadwal penerbangan yang ada. EVP PT KAI Daop 6 Eko Purwanto mengatakan, untuk saat ini operasional kereta cukup dengan satu trainset. KA Bandara akan tiba di Stasiun Wojo 1,5 jam sebelum jadwal keberangkatan pesawat sehingga masih bisa mengakomodasi waktu penumpang untuk mengikuti penerbangan.

Mengenai alur perjalanan KA Bandara, dimulai dari pemberangkatan di Stasiun Maguwo dan akan berhenti di Stasiun Tugu, Stasiun Wates, dan terakhir di Stasiun Wojo. Ada empat gerbong dalam satu rangkaian tersebut seperti Solo Ekspres. KA Bandara ini merupakan KA dedicated khusus untuk penumpang pesawat. Namun, karena berhenti juga di Wates, tidak menutup kemungkinan penumpang reguler bisa memanfaatkan KA tersebut. Adapun waktu tempuh dari Maguwo hingga Wojo sekitar 45 menit, sedangkan dari Tugu ke Wojo sekitar 30 menit.

KA Bandara YIA punya kapasitas 196 tempat duduk. Ada juga kapasitas untuk penumpang berdiri sebanyak 50% dari kapasitas tempat duduk. KA ini memang didesain untuk KA Bandara sehingga ada tempat koper.

Untuk bisa menikmati fasilitas KA Bandara PT KAI telah menetapkan tarif Rp30 ribu per penumpang. Penumpang umum juga dapat menggunakan KA Bandara, asalnya tetap membayar tarif penuh. Dalam masa promosi ini, PT KAI memberikan potongan tarif hingga 50 persen. Untuk pembelian tiket saat ini masih go show, meski pihak PT KAI kedepan akan memberikan layanan pembelian tiket online seperti KA Bandara Soekarno-Hatta.

Baca juga: Sama-Sama Kereta Bandara, Inilah Yang Beda Antara di Soekarno-Hatta dan Kualanamu

Shuttle Gratis dari dan Menuju YIA 6-12 Mei 2019
Selain shuttle gratis yang menghubungkan Bandara YIA dan Stasiun Wojo, pihak PT Angkasa Pura I menyediakan fasilitas shuttle bus gratis Damri dan Satelqu di beberapa titik pemberangkatan mulai 6 hingga 12 Mei 2019. Adapun layanan shuttle bus Damri melayani rute pulang-pergi YIA menuju Bandara Adisutjipto, Wojo, Purworejo, dan Magelang. Sedangkan Satelqu melayani rute pulang-pergi YIA menuju Bandara Adisutjipto, Cilacap, Purwokerto.