Pastikan Akses Free WiFi di Bandara Aman dari Peretasan, Tips Ini Layak Anda Perhatikan!

Foto: airkomtech.com

Tebaran tawaran free WiFi jamak kita lihat di bandara dan fasilitas umum lainnya. Dengan embel-embel kata ‘gratis’ tentu cepat memikat perhatian calon pengguna jasa. Namun Anda juga harus berhati-hati dalam mengakses free WiFi, salah satunya dari ancaman peretasan akun.

Baca juga: 20 Bandara Ini Dipercaya Punya Akses WiFi Terbaik di Dunia

KabarPenumpang.com merangkum dari laman forbes.com (18/4/2018), bahwa untuk menjauhkan Anda dari para peretas aku, ada beberapa tips yang bisa digunakan.

1. Verifikasi nama jaringan WiFi bandara
Tak perlu peralatan mewah untuk membuat jaringan wifi palsu, pencuri identitas hanya membutuhkan hotspot bertenaga baterai yang mudah dibawa. Untuk mencari yang benar, biasanya bandara akan mempublikasikan nama jaringan WiFi mereka di tempat terbuka seperti papan pengumuman, tiang ruang tunggu hingga soket pengisian baterai ponsel. Sebelum bergabung, pastikan nama wifi yang tertera di ponsel sama dengan nama jaringan bandara.

Sebab, biasanya ada nama jaringan yang terlihat identik dan disebut sikembar jahat, sehingga penumpang harus memastikannya dengan benar dan mencari perbedaannya. Seperti Huruf besar kata (apakah itu FreeAirportWifi atau FreeairportWifi?), bila ada angka yang digunakan lihat yang berbeda (Airport2 bukannya Airport1), hingga penggunaan karakter khusus ( Airport_1 alih-alih Airport1).

2. Cari halaman masuk WiFi
Biasanya sebuah WiFi saat Anda terhubung kemungkinan akan mengharuskan Anda memasukkan alamat email dan meyetujui persyaratan dan layanan sebelum mengakses jaringan. Jika jaringan tidak memiliki halaman opt-in dan samar, ini berpotensi hotspot palsu.

3. Akses jaringan WiFi airport lounge
Mengakses ruang tunggu bandara, Anda akan bergabung dengan jaringan yang lebih aman yang tidak tersedia untuk terminal umum. Dengan menggunakan ini, jumlah orang yang mengakses jaringan juga sedikit dan kemungkinan mengurangi pencurian identitas. Selain memiliki akses WiFi khusus, Anda bisa menikmati ruang kerja khusus dan lingkungan lebih santai.

4. Berlangganan Boingo wireess
Bandara tempat Anda berangkat memungkinkan memiliki hotspot Boingo wireless pribadi. Jaringan ini di enskripsi dan lebih aman daripada jaringan htspot bandara pada umum yang reguler dengan fitur passpoint mereka. Meskipun Anda dapat membayar untuk paket wifi Boingo yang berdiri sendiri, Anda dapat menikmati keanggotaan gratis dengan American Express Platinum Card.

5. Hanya mengunjungi situs dengan enkripsi https
Sebagian besar peramban internet akan mem-flash halaman peringatan jika mereka berpikir Anda menuju ke situs web berbahaya. Jika itu terjadi, Anda harus mengklik tombol khusus untuk melanjutkan atau klik kembali ke keamanan untuk kembali ke halaman sebelumnya. Mulai tahun 2017, lebih banyak situs web beralih ke alamat URL “https: //” dan bukan “http: //” universal yang telah mendahului setiap alamat situs web internet selama 20 tahun terakhir. Setiap browser memberi tahu Anda apakah suatu situs aman dengan cara yang sedikit berbeda, tetapi Anda akan melihat dua fitur umum seperti ikon gembok terkunci.

6. Gunakan VPN
Bahkan jika Anda bergabung dengan hotspot WiFi yang dilindungi sandi di bandara, hotel, atau kafe, Anda tetap harus mempertimbangkan untuk menggunakan jaringan VPN. Menghubungkan ke VPN (jaringan pribadi virtual) mengenkripsi semua data Anda di sumbernya, komputer Anda. Ini adalah lapisan keamanan ekstra yang perlu dihancurkan oleh peretas untuk mengakses informasi pribadi Anda. Jika Anda bepergian untuk bisnis, mungkin ada aplikasi kerja tertentu yang tidak dapat Anda akses kecuali jika Anda terhubung ke VPN. Jika VPN cukup baik untuk mengamankan laptop bisnis, jaringan VPN pribadi dapat sama pentingnya untuk melindungi informasi pribadi Anda.

7. Nonaktifkan file dan sharing
Lokasi penyimpanan default untuk banyak perangkat teknologi adalah cloud, laptop atau tablet Anda mungkin mengirimkan informasi melalui hotspot wifi bandara umum yang tidak Anda ketahui. Salah satu cara untuk membatasi transmisi file yang rumit adalah dengan menonaktifkan file dan mencetak fitur berbagi di perangkat Anda. Ini bisa dilakukan di menu pengaturan pengguna. Jika Anda menggunakan iPhone, Anda mungkin juga mempertimbangkan menonaktifkan AirDrop yang merupakan cara lain untuk mengirim informasi secara nirkabel antar perangkat Apple.

Baca juga: WiFox, Bantu Anda Berburu WiFi Gratisan di Bandara Internasional

8. Instal pembaruan keamanan terbaru
Pastikan laptop atau perangkat seluler Anda memiliki pembaruan keamanan terinstal terbaru. Anda ingin menyulitkan peretas potensial untuk berkompromi dengan data Anda secara manusiawi. Secara teratur menginstal pembaruan firmware untuk sistem operasi Anda, browser web, dan aplikasi adalah salah satu cara untuk menjaga komputer Anda tetap terkunci. Anda mungkin juga mempertimbangkan untuk menggunakan program keamanan internet pihak ketiga, bukan Windows Defender gratis yang datang dengan terinstal di setiap PC, untuk memblokir terhadap malware dan ancaman internet lainnya.

9. Ringkasan keamanan WiFi bandara
Menggunakan sedikit akal sehat dan bersikap ekstra hati-hati akan membantu memastikan informasi pribadi Anda tidak dikompromikan pada jaringan wifi bandara umum