Wednesday, September 28, 2022
HomeDestinasiPelancong yang Naik Kapal Pesiar ke Arab Saudi Bisa Ajukan Visa Elektronik

Pelancong yang Naik Kapal Pesiar ke Arab Saudi Bisa Ajukan Visa Elektronik

Kementerian Luar Negeri Arab Saudi pada hari Minggu (2/1/2022) melalui Twitter mengatakan, bahwa visa elektronik akan dikeluarkan bagi pelancong yang tiba di Arab Saudi melalui kapal pesiar. Kementerian juga mengatakan, bahwa aplikasi dapat diajukan melalui platform elektronik.

Baca juga: Dembell Motorhome, Desain ‘Kapal Pesiar’ dengan Sasis Mercedes Tiga Gandar

Untuk mengajukan visa elektronik ini, para pelancong memerlukan bukti pembelian tiket kapal pesiar. Kemudian aplikasi akan diproses sebelum visa tersebut dikeluarkan melalui platform kedutaan kementerian. Untuk diketahui, pariwisata memainkan peran penting dalam rencana visi 2030 Kerajaan untuk diversifikasi ekonomi.

KabarPenumpang.com melansir arabnews.com (4/1/2022), adanya hal tersebut mengakibatkan otoritas Saudi berencana untuk berinvestasi hingga $200 miliar dan menyambut 100 juta pengunjung pada tahun 2030. Visi tahun 2030 sendiri memiliki tujuan untuk meningkatkan kontribusi sektor pariwisata terhadap produk domestik bruto hingga sepuluh persen.

Selain itu, strategi Kerjaan juga melibatkan lapangan kerja dan pembangunan fasilitas pariwisata tambahan salah satunya hotel. Bulan lalu, University of Prince Mugrin yang berbasis di Madinah menandatangani kesepakatan dengan Cruise Saudi, afiliasi dari Dana Investasi Publik, untuk melatih kader nasional di bidang pariwisata.

Berdasarkan kesepakatan itu, pemuda Saudi akan ditawari program profesional di berbagai spesialisasi pariwisata. Hal ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan tenaga kerja lokal di sektor industri pelayaran, pariwisata dan perhotelan. Cruise Saudi bertujuan untuk menciptakan 50 ribu pekerjaan langsung dan tidak langsung pada tahun 2035.

Demikian pula, Saudia, maskapai nasional Kerajaan, menandatangani perjanjian November lalu dengan MSC Cruises dan Cruise Saudi untuk menyediakan 20 ribu kursi pada penerbangannya dari Eropa dan Amerika Utara ke Jeddah. Personel militer dan pegawai negeri bekerja sepanjang waktu di Pusat Operasi Laut Merah Jeddah untuk menyediakan kapal pesiar wisata dengan izin masuk.

Baca juga: Mau ke Arab Saudi? Kini Tak Perlu Lagi Karantina, Asalkan….

Pusat multi agen membantu pemilik kapal pesiar asing dan agen lokal dalam bahasa Arab dan Inggris, memungkinkan mereka untuk memasuki perairan Saudi. Cmdr. Hasan Al-Asmari, manajer pusat mengatakan, itu datang sebagai bagian dari rencana Putra Mahkota Mohammed bin Salman untuk memperkuat pariwisata melalui kegiatan bahari.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru