Pelatihan Terhadap Pengemudi Bus Akan Meminimalisir Tingkat Kecelakaan

0
ilustrasi kecelakaan bus. Sumber: liputan6.com

Salah satu moda darat yang ramai dicari penumpang apabila sedang musim libur ini menyimpan satu ancaman kecelakaan yang bisa berakibat fatal. Tidak jarang, banyak bus dewasa ini lebih memperhatikan marka jalan daripada mereka harus menanggung beban akibat terjadinya kecelakaan. Layaknya kecelakaan pada umumnya, ada banyak faktor yang dapat menyebabkan kecelakaan bus. Michiganautolaw.com menyebutkan ada 8 faktor penunjang terjadinya kecelakaan.

Kelalaian Pihak Perusahaan Bus
Salah satu penyebab kecelakaan bus di Michigan dan di hampir seluruh negera adalah kelalaian dari pihak perusahaan bus. Moda yang bisa membawa 700 juta penumpang setiap tahunnya di Amerika Serikat ini memiliki kelemahan di bagian pencatatan dan pemeriksaan bus. Kurangnya pengawasan terhadap moda ini membuat perusahaan bus sering dicap sebagai perusahaan yang kerap kali menutup mata terhadap peraturan federal yang berlaku, seperti melatih pengemudi dan menjaga armada yang mereka miliki. Hal ini membuat perusahaan bus lebih mengorbankan keselamatan penumpang untuk meraup keuntungan yang lebih besar. Dengan kata lain, pihak perusahaan bus harus berkomitmen untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan.

Kelalaian Pihak Pengemudi Bus
Walaupun sudah banyak undang-undang yang mengatur tentang pengemudi bus, namun peraturan tersebut sering kali dilanggar, terutama oleh bus pariwisata (tur) dan bus sewaan. Contohnya adalah aturan tentang waktu kerja dan waktu istirahat, masih banyak pengemudi bus yang melanggar aturan tersebut. Tidak jarang juga pengemudi bus memainkan ponsel mereka ketika mereka sedang mengemudi. Hal-hal seperti inilah yang akhirnya menyebabkan kecelakaan terjadi.

Pengemudi Bus yang Kelelahan
Ini merupakan salah satu imbas dari kelalaian pengemudi bus, yaitu kondisi tubuh yang sudah mulai lelah. Biasanya ini terjadi kepada pengemudi bus yang mengambil jatah mengemudi walaupun batasnya sudah habis. Tidak jarang pengemudi yang kelelahan ini mengantuk lalu bus berada diluar kendali. Lebih buruk lagi, pengemudi yang kelelahan seperti ini tidak menutup kemungkinan terserang sleep apnea, pembunuh nomor 1 di jalur bebas hambatan di Amerika. Sleep apnea adalah gangguan tidur serius di mana pernapasan sering berhenti selama tidur. Akibatnya, organ tubuh, terutama otak, mungkin tidak mendapat oksigen yang cukup, serta kualitas tidur menjadi buruk, yang dapat membuat pasien merasa lelah keesokan harinya.

Cuaca yang Buruk
Hujan deras disertai angin merupakan musuh semua pengemudi. Jarak pandang akan menjadi pendek dan mewajibkan pengemudi untuk lebih berkonsentrasi. Selain itu, bisa saja cuaca buruk seperti ini mempengaruhi kondisi jalan, dimana jalan menjadi licin, atau terdapat lubang besar yang tertutup oleh genangan air. Dalam kondisi seperti ini, pengemudi bus harus terlatih dan memiliki jam terbang yang tinggi.

Blind Spot

blind spot di bus
blind spot di bus

Mengacu pada kamus Merriam Webster, definisi blind spot adalah area yang tidak telihat oleh mata telanjang atau peralatan yang sudah tersedia (spion). Dalam kasus ini, tidak sedikit pula bus yang mengalami kecelakaan karena terdapat blind spot yang mengganggu si pengemudi. Ini mungkin saja terjadi apabila pengemudi tidak terlebih dahulu mengatur posisi dari kaca spion sehingga blind spot yang ditimbulkan semakin besar.

Berbelok
Banyak pengemudi bus yang mengalami kesulitan saat berbelok. Di Indonesia, pengemudi bus kurang handal mungkin agak susah untuk berbelok ke kanan, karena blind spot yang ditimbulkan saat berbelok ini cukup besar, sehingga tidakmenutup kemungkinan bus akan menyerempet kendaraan lain yang berada di sebelahnya. Di sini, pengemudi diharuskan untuk “maju mundur” yang akan memudahkan pengemudi untuk melihat patokan sisi bus.

Pengemudi Lain
Walau pengemudi bus sudah berhati-hati dalam berkendara, tapi apabila pengemudi lainnya tidak berhati-hati, ini mungkin saja menyebabkan kecelakaan. Hanya pengemudi bus yang sudah terlatih saja yang bisa meminimalisir terjadinya kecelakaan akibat pengemudi lain yang tidak berhati-hati. Karena biasanya pengemudi yang terlatih tidak mudah panik saat kondisi ini terjadi.

Kebakaran Bus
Terbakarnya bus akan membuat para penumpang terjebak di dalamnya. Biasanya, api akan cepat merambat dari 2 titik, yaitu bagian mesin yang sudah terlumuri oleh bensin dan bagian ban. Kebakaran seperti ini mungkin saja terjadi akibat mesin yang kotor dan lain-lain. Dengan sedikit percikan kecil api saja dapat dengan cepat menyulut kebakaran pada bus.

Leave a Reply