Pelni Hadirkan WiFi Gratis di 18 Armada Kapalnya

Kapal penumpang milik Pelni yang tengah berlabuh di pelabuhan (Nikkei Asian Review)

Layanan WiFi gratis kini bisa dinikmati para penumpang yang bepergian dengan kapal laut. Pasalnya PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) sudah menyediakan WiFi gratis untuk semua penumpang di 18 armada kapalnya. Pelayanan ini sendiri ternyata sudah ada sejak kapal-kapal tersebut mengangkut para pemudik dari 8 Juni hingga 1 Juli 2018 kemarin.

Baca juga: Toyota Meluncur di Air dengan Kapal Balap Bertenaga Hidrogen

Tetapi setelah 1 Juli 2018 WiFi gratis hanya bisa digunakan penumpang hingga 5 MB dan jika ingin menggunakan di luar kapasitas tersebut bisa membeli layanan berbayar berupa kupon atau voucher di dalam kapal. KabarPenumpang.com merangkum dari berbagai laman sumber, bahwa pengadaan internet ini merupakan upaya Pelni untuk meningkatkan layanan pada pelanggan. Dalam membangun komunikasi kapal, sistem informasi di kapal hingga pemasangan WiFi, Pelni bekerja sama dengan PT Len Industri.

Hal ini dikarenakan sistem Komunikasi Kapal perlu ditingatkan agar pelayanan penumpang dan kru kapal semakin mudah dalam berkomunikasi di atas kapal di lokasi yang tidak ada jaringan komunikasinya. Sehigga solusi ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan akan jaringan komunikasi dan internet agar mendukung visi Pelni menjadi Perusahaan Pelayaran yang Tangguh dan Pilihan Utama Pelanggan

Manajer Humas dan CSR dari Pelni Akhmad Sujadi mengatakan pada 11 Mei 2018 lalu, keduanya telah melakukan penandatanganan nota kesepahaman di Bandung sebagai bentuk sinergi antar BUMN.

“Pelaksanaan Memorandum of Understanding antara Pelni dan Len diikuti dengan penandatanganan perjanjian kerjasama antara anak perusahaan, PT Pelita Indonesia Djaya Corporation (PIDC), dan PT Len Industri,” katanya.

PIDC dan mitranya mulai memasang peralatan telekomunikasi pada 18 kapal Pelni yang beroperasi di seluruh nusantara dengan memasang terminal aperture yang sangat kecil atau very small aperture terminal (VSAT). VSAT sendiri adalah stasiun penerima sinyal satelit dengan antena berbentuk piringan dengan diameter kurang dari tiga meter.

Baca juga: Rolls-Royce Rilis Intelligent Awareness, Bantu Pelaut Tingkatkan Kesadaran Situasional

Fungsi utama VSAT adalah mengirim dan menerima data ke satelit, sehingga WiFi diaktifkan. Selain bermanfaat bagi penumpang, manajemen juga dapat memantau operasi kapal di ruang direktur utama, sehingga kegiatan operasional kapal dapat dipantau selama 24 jam.

Pemantauan kapal juga tersedia dari aplikasi seluler, Patrakom Vis. Sebenarnya untuk layanan WiFi ini sendiri akan dipasang pada 26 kapal secara bertahap dengan dimulai dengan 18 kapal pertama kemudian di area anjungan, kantor kapal dan mini market milik Pelni.