Thursday, June 13, 2024
HomeAnalisa AngkutanPemerintah Kanada 'Izinkan' Airbus Gunakan Bahan Titanium dari Rusia

Pemerintah Kanada ‘Izinkan’ Airbus Gunakan Bahan Titanium dari Rusia

Kanada telah memberikan pengecualian kepada Airbus untuk mengizinkannya menggunakan titanium dari Rusia dalam produksinya, setelah menjadi pemerintah Barat pertama yang melarang pasokan logam strategis tersebut dalam paket tindakan terbarunya yang dipicu oleh perang di Ukraina.

Baca juga: Jadi Elemen Kunci pada Struktur Pesawat, Inilah Beberapa Bagian Burung Besi yang ‘Butuh’ Titanium

Langkah ini memberikan fleksibilitas bagi Airbus di fasilitas produksinya di Kanada dan diharapkan dapat menghilangkan kekhawatiran bahwa operasi intinya dapat terdampak dengan secara efektif melarang impor jet buatan Eropa ke Kanada, yang sangat bergantung pada titanium ringan.

“Airbus mengetahui pemerintah Kanada menjatuhkan sanksi terhadap Rusia dan telah memperoleh otorisasi yang diperlukan untuk mengamankan operasi Airbus sesuai dengan sanksi yang berlaku,” kata Airbus Kanada menanggapi pertanyaan Reuters. Pemerintah Kanada tidak menguraikan lebih lanjut mengenai persetujuan tersebut atau mengatakan berapa lama persetujuan tersebut akan berlaku. Pemerintah Kanada tidak menanggapi permintaan komentar.

Industri penerbangan sangat bergantung pada titanium karena logam ini memiliki sifat yang sangat menguntungkan untuk aplikasi penerbangan. Titanium memiliki kekuatan yang tinggi namun ringan, tahan terhadap korosi, dan tahan terhadap suhu tinggi. Sifat-sifat ini membuatnya ideal untuk digunakan dalam pembuatan pesawat, mesin jet, dan komponen-komponen penting lainnya.

Dan Rusia adalah salah satu produsen utama titanium dunia, dengan cadangan besar dan teknologi produksi yang maju. Ketergantungan industri penerbangan terhadap pasokan titanium dari Rusia terutama disebabkan oleh kualitas tinggi dan ketersediaan yang relatif baik dari negara tersebut.

Namun, ketergantungan yang terlalu besar pada pasokan titanium dari satu negara, terutama dari Rusia, dapat menjadi risiko bagi industri penerbangan. Konflik geopolitik, perubahan kebijakan ekspor, atau masalah lainnya dapat mengganggu pasokan, yang dapat berdampak negatif pada produksi pesawat dan industri penerbangan secara keseluruhan. Oleh karena itu, upaya terus dilakukan untuk diversifikasi sumber pasokan titanium dalam industri penerbangan.

Sebagian Besar Dipasok Rusia, Inil Alasan Titanium Sangat Dibutuhkan Industri Dirgantara

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru