Pemkot Berlin Luncurkan Layanan Transportasi Umum Gratis untuk Pelajar

0

Untuk pengenaan pajak penghasilan, Jerman dikenal sebagai yang kedua terbesar persentasenya di Eropa setelah Belgia. Pajak penghasilan di Jerman sampai saat ini dikenakan secara bertingkat mulai dari 14 persen, 42 persen sampai 45 persen. Meski persentase pajak besar, apa yang dinikmati warganya dinilai sangat baik, mulai dari pendidikan gratis sampai jaminan kesehatan yang terjamin. Bahkan belum lama ini ada tambahan manfaat bagi pelajar yang berdomisi di Berlin.

Baca juga: Beli Sepatu Adidas Dapat Tiket Gratis Naik Transportasi Umum di Berlin

Mengutip sumber dari iamexpat.de (2/8/2019), disebutkan ada kabar baik untuk pelajar di Berlin mulai 1 Agustus 2019 dan seterusnya, yaitu pelajar mendapatkan fasilitas untuk menggunakan semua moda transportasi secara gratis. Bukan hanya pelajar yang berdomisi di Berlin, sampai pelajar yang bersekolah di Brandenburg juga berhak mendafat fasilitas ini.

Untuk bisa menikmati fasilitas gratis ini ada syaratnya, yaitu perlu buat permohonan untuk mendapatkan free student travel card pada Asosiasi Transportasi Kota – Berliner Verkehrsbetriebe (BVG).

Siswa yang sudah memiliki kartu perjalanan pelajar tidak perlu mengajukan yang baru, karena kartu mereka akan secara otomatis dikonversi. Mereka yang belum memiliki kartu perjalanan pelajar dapat dengan mudah mengajukan permohonan izin lewat online. Pelajar hanya perlu menunjukkan kartu ID pelajar yang valid dari wilayah Berlin dan mengunggah foto terbaru.

Pemkot Berlin mengalokasikan 360 ribu kartu untuk transportasi gratis bagi pelajar. Namun sampai saat ini baru sekitar 140 ribu permohonan yang disetujui. bagi mereka yang sudah memesan kartu perjalanan pelajar, tetapi belum tiba? Pihak BVG telah memperkenalkan perjanjian sementara yang memungkinkan siswa melakukan perjalanan gratis dengan bentuk ID siswa yang valid hingga akhir November mendatang.

Selain penyediaan transportasi gratis untuk pelajar, Pemerintah Kota Berlin juga meluncurkan paket tarif transportasi murah untuk pekerja magang dan siswa dalam masa pelatihan kerja. Tarif yang dijual dalam bentuk tiket seharga 365 euro, setara dengan satu euro per hari dan dapat digunakan untuk semua moda transportasi di Berlin.

Baca juga: Berlin-Munich Kini Hanya Empat Jam dengan Intercity-Express Sprinter

Kedua inisiatif angkutan umum di atas diluncurkan guna membantu keluarga dan orang dewasa muda menghemat uang untuk biaya perjalanan sambil mempromosikan perjalanan yang berkelanjutan.

Leave a Reply