Pengabdian 50 Tahun Gage Park Mini-Train, Miniatur Kereta di Topeka, Kansas

0
Gage Park Mini-Train. Sumber: cjonline.com

Pada Senin (3/7/2017) lalu, warga Topeka di Kansas merayakan ulang tahun salah satu wahana bermain yang menjadi ciri khas dari ibu kota negara bagian Amerika Serikat di Kansas tersebut, yaitu Gage Park Mini-Train. Perayaan ini menandakan keberadaan dari miniatur kereta yang sudah melayani para penumpangnya sejak tahun 1967. Tidak hanya anak-anak yang gemar menaiki wahana ini, melainkan muda-mudi hingga orang tuapun kerap kali terlihat tengah asyik menikmati perjalanan berkeliling menggunakan miniatur kereta dengan dominasi warna merah ini.

Baca Juga: India Hadirkan Kereta Kubah Kaca Untuk Tarik Wisatawan

Kembali melihat ke belakang, pada Oktober 1966, kota Topeka menandatangani perjanjian tertulis dengan pihak A.C. dan Leora McCall perihal pemberian wewenang untuk membangun dan mengoperasikan sebauh kereta mini di Gage Park. Rute miniatur kereta api tersebut terletak di seberang jalan di sebelah barat tempat parkir Kebun Binatang Topeka. Panjang dari rute itu hanyalah sekitar satu mil, dan memutar mengitari sebuah taman.

Setahun berselang, pihak pengelola lalu membuka wahana tersebut untuk umum dan hingga kini miniatur kereta tersebut sudah mengangkut lebih dari 1000 penumpang. Sejak pengoperasian pertamanya tersebut, Gage Park Mini-Train seolah menjadi trademark dari kota tersebut. Lokomotif Gage Park Mini-Train menggunakan mesin diesel New Holland / Ford 3 silinder, yang merupakan replika dari model Santa Fe Alan Herschell Iron Horse “Cyrus K. Holliday” tahun 1881.

Seperti yang KabarPenumpang.com wartakan dari ksnt.com (3/7/2017), rangkaian kereta tersebut mencakup empat gerbong penumpang yang mampu mengangkut 14 orang di setiap gerbongnya. Lalu pada tahun 1997, gerbong khusus penyandang disabilitas ditambahkan ke dalam rangkaian Gage Park Mini-Train. Jika Anda berkesempatan untuk mengunjungi tempat ini, stasiun yang Anda lihat merupakan hasil renovasi dari stasiun lama yang dihancurkan pada tahun 2002 silam, namun tetap bersejarah.

Baca Juga: Maharajas Express, Kereta Termewah di Asia Bertarif Mulai Rp51 Juta

Pada awalnya, miniatur kereta tersebut hanya akan beroperasi sekitar 20 tahun, namun karena banyaknya permintaan dari para penumpang dan berbagai pertimbangan lainnya, akhirnya Gage Park Mini-Train masih tetap beroperasi hingga umurnya yang menyentuh angka 50 tahun per tanggal 3 Juli kemarin.

“Saya tidak bisa membayangkan Gage Park tanpa kehadiran kereta ini. Gage Park sendiri sudah ada sejak 117 tahun yang lalu, itu berarti kehadiran kereta ini sudah memakan setengah dari umurnya. Seperti sudah menjadi ikon dari taman ini,” tutur seorang sejarahwan, Bill Riphahn.

Baca Juga: Glacier Express, Antarkan Anda Nikmati Indahnya Pemandangan Swiss

Lima tahun yang lalu, Shawnee County Parks and Recreation memulai perombakan besar-besaran untuk memperbaiki kinerja dan mengurangi downtime untuk perbaikan. Dengan perhatian yang besar serta kru yang cekatan, Gage Park Mini-Train hanya mengalami perbaikan selama 15 hari dalam kurun waktu lima tahun terakhir. Jika Anda berniat untuk mengunjungi taman ini, Gage Park Mini-Train beroperasi dari mulai pukul 10.30 hingga 18.00 waktu setempat setiap harinya. Waktu operasi kereta ini direncanakan akan berubah pada pertengahan Agustus mendatang.

Leave a Reply