Penggunaan Partisi dalam Taksi Rusia Masih Kontroversi

0
ilustrasi partisi dalam taksi di Rusia

Semenjak pandemi virus corona melanda dunia, partisi atau penyekat pengemudi dengan penumpang di dalam taksi konvensional atau taksi online mulai terpasang. Hal ini untuk meminimalisir penularan Covid-19. Namun di Rusia, partisi ini akan dipasang karena untuk melindungi pengemudi dari penumpang yang melakukan kejahatan.

Baca juga: Sekat Partisi Digunakan Pengemudi Ojol, Efektifkah untuk New Normal?

Sebab bukan hanya pengemudi yang menyerang tetapi penumpang pun kerap kali menyerang pengemudi. Bahkan karena banyaknya penyerangan yang dilakukan penumpang, pengemudi sering merekam perilaku yang tidak pantas tersebut.

Terkadang masalah penyerangan pengemudi yang dilakukan penumpang ini pun sepele seperti pengemudi yang menolak membawa anak tanpa kursi mobil anak dan berbagai hal lainnya. Penambahan partisi untuk pengemudi ini sudah dibahas oleh Lembaga Pemerintahan Duma pada musim semi.

Tetapi dalam pembahasan tersebut perwakilan agregator taksi belum ikut dan menurut wakil ketua komite majelis rendah parlemen bidang transportasi dan konstruksi, Vladimir Afonsky mereka harus ikut ambil bagian karena masalah perilaku penumpang dan pengemudi. Dirangkum KabarPenumpang.com dari pledgetimes.com (2/9/2020), beberapa perusahaan mendukung inovasi pembuatan partisi tersebut.

Namun keberadaan partisi ini di dalam taksi tidak menjadi sebuah keharusan melainkan sebagai opsi tambahan. Perusahaan Vezet mengatakan kepada Izvestia bahwa struktur partisi mobil memang memberikan perlindungan dari manifestasi agresif penumpang atau pengemudi, tetapi menekankan, “Kewajiban apa pun yang terkait dengan investasi material akan menciptakan hambatan tambahan bagi pengangkut legal.”

Pavel Stennikov kepala departemen hubungan masyarakat layanan taksi Maxim menyebut masalah pemasangan partisi itu sulit. Sebab ada banyak bagian dari persewaan mobil taksi di Moskow, mereka secara khusus dibeli dan disewakan untuk kebutuhan ini. Dengan beberapa kemungkinan, Anda dapat bereksperimen dengan mereka.

Tapi di dalam negeri secara keseluruhan tidak mungkin, karena di daerah lebih dari 90 persen pengemudi bekerja di mobil pribadi yang digunakan untuk taksi dan perjalanan keluarga. Menurut koordinator gerakan “Blue Buckets” Pyotr Shkumatov, tidak ada titik di sekat yang hanya menutupi punggung pengemudi.

Tetapi jika Anda memasang partisi, maka hanya satu yang memisahkan seluruh ruang belakang dan hanya dalam kasus-kasus tersebut ketika sebuah kendaraan taksi milik perusahaan taksi dan hanya dioperasikan di dalam taksi. Selain itu, ahli mengenang adanya banyak penumpang yang duduk di jok depan di samping pengemudi, karena diguncang dangkal di jok belakang.

Pakar otomotif independen Dmitry Popov menyebutkan dua alasan untuk tidak memasang partisi pelindung di dalam mobil. Pertama, keberadaan objek apa pun di jalur pengemudi di kaca spion mengubah jarak, mengubah pandangan. Kedua, keberadaan benda asing yang rentan terhadap perubahan bentuk dan kerusakan saat kecelakaan juga tidak diterima di dalam kabin.

”Jadi bisa dibayangkan jika kaca plexiglass ini pecah saat terjadi kecelakaan dan pecahannya menyebabkan cedera serius pada pengemudi dan penumpang. Mobil menggunakan kaca depan tiga lapis – tripleks, yang direkatkan ke film khusus dan jika terjadi kecelakaan tidak pecah menjadi potongan besar, tapi hancur menjadi debu kecil,” ujarnya.

Bahkan jika Anda meletakkan partisi, Anda perlu memahami yang mana. Ada dua jenis desain, yang mana salah satunya adalah sekat ukuran penuh yang memisahkan jok depan.

“Orang sering bepergian dengan perusahaan, keluarga dengan anak-anak, dengan barang bawaan. Partisi solid melintang akan menyisakan penumpang hanya di baris belakang, dan untuk kursi anak yang terpasang, hanya satu kursi gratis untuk orang dewasa. Karenanya, pembatasan fisik seperti itu tidak sesuai untuk penumpang, tidak mungkin untuk menggunakan layanan sesuai kebutuhan, ”kata Stennikov.

Baca juga: Hilangkan Kursi Ganda di Bus, Torsus Buat Sekat Antar Kursi Penumpang Guna Cegah Penularan Covid-19

Opsi kedua adalah partisi parsial yang hanya menutupi jok pengemudi. Pakar otomotif Vladimir Bakharev yakin bahwa Anda perlu mulai memasang partisi dengan jenis struktur ini yang melindungi leher dan punggung pengemudi.

Leave a Reply