Per 1 Juli 2018, China Airlines Buka Rute Kaohsiung-Jakarta

China Airlines (Taiwan News)

China Airlines, maskapai terbesar di Taiwan dan anggota aliansi SkyTeam, pada awal bulan ini membuka rute barunya. China Airlines atau CAL per 1 Juli 2018 kemarin meluncurkan rute baru dari Kaohsiung ke Jakarta melalui Hong Kong. CAL merupakan salah satu operator maskapai terkemuka di Taiwan yang akan mengeksplorasi pasar perjalanan Asia Tenggara.

KabarPenumpang.com melansir dari laman focustaiwan.tw (19/6/2018), pesawat yang digunakan dari Kaohsiung ke Jakarta adalah Boeing 737-800 dengan keberangkatan dari Bandara Internasional Kaohsiung di Taiwan Selatan pukul 02.10 pagi waktu setempat dan tiba di Hong Kong 03.35 pagi waktu setempat.

Baca juga: Video Ground Crew Lempar Bagasi Menjadi Viral, AirAsia Minta Maaf

Kemudian melanjutkan penerbangannya dengan berangkat dari Hong Kong pukul 04.35 pagi waktu setempat dan mendarat di Jakarta pukul 08.20 WIB. Sedangkan keberangkatan kembali dari Jakarta pukul 14.10 WIB dan tiba di Hong Kong 15.35 waktu setempat. Dilanjutkan satu jam kemudian (16.35) menuju Kaohsiung dan tiba pukul 20.20 waktu setempat.

Saat ini CAL memiliki 28 layanan mingguan dengan tujuan Indonesia termasuk Jakarta, Surabaya dan Bali. Penerbangan ini melakukan yang terbanyak oleh maskapai tunggal antara Taiwan dan Indonesia. Dengan rute baru ini, CAL sendiri optimis tentang pasar Indonesia dan menargetkan pelancong Indonesia yang ingin transit melalui Taiwan dalam perjalanan ke Eropa dan Amerika Utara.

Sejak Desember 2017 lalu CAL telah menggunakan pesawat barunya yakni A350 untuk melakukan penerbangan langsung antara Taipei dan Jakarta. Ini merupakan bagian dari upaya peningkatan layanan dan meningkatkan kapasitas transportasi ke Indonesia.

Tak hanya itu CAL juga telah berbagi kode penerbangan dengan operator SkyTeam Garuda Indonesia untuk menyediakan layanan penghubung ke Yogyakarta, Semarang, Bandar Lampung, Pontianak, Medan, Balikpapan, Pekanbaru, Makassar dan kota lainnya di Indonesia. Layanan pembagian kode baru antara Bali dan Perth di Australia juga diperkenalkan pada Mei tahun ini untuk menyediakan jangkauan jaringan yang lebih besar.

Baca juga: Terminal Baru Bandara Seletar Mulai Beroperasi Akhir 2018

Langkah terbaru CAL mencerminkan ekspansi pasar penerbangan Asia Tenggara, yang menurut Administrasi Penerbangan Sipil Taiwan, melihat pertumbuhan 12,4 persen dalam volume penumpang dan sembilan persen dalam kapasitas transportasi dalam empat bulan pertama 2018. Awal bulan juni 2018 kemarin, Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) memperkirakan peningkatan lebih lanjut dalam kapasitas dan volume di pasar Asia-Pasifik tahun ini.

CAL saat ini terbang ke 15 destinasi Asia Tenggara dan telah meningkatkan frekuensi penerbangannya di rute Taipei-Bangkok, Kaohsiung-Bangkok, dan Taipei-Penang tahun ini untuk mendukung Kebijakan Baru Selatan Pemerintah Taiwan. Penambahan layanan baru Kaohsiung-Jakarta pada bulan Juli akan membawa jumlah total penerbangan ke Asia Tenggara menjadi 167 per minggu, kata operator itu.