Peringati HUT Ke-30, Enam Armada MRT di Taipei Tampilkan Nuansa Theater

Sumber: tpml.edu.tw

Dalam memperingati hari jadinya yang ke-30, Mass Rapid Transit (MRT) di Taiwan yang dalam pengoperasiannya diawasi langsung oleh Taipei Rapid Transit Co. (TRTC) melakukan sedikit perubahan pada beberapa armadanya. Perubahan tersebut tentu bukanlah bersifat permanen, melainkan hanya berlaku dalam kurun waktu tertentu.

Baca Juga: Seni Tingkat Tinggi Siap Hiasi Stasiun-Stasiun di Ottawa

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman focustaiwan.tw (3/10/2017), gerbong-gerbong MRT tersebut disulap layaknya sebuah Pusat Pertunjukan Seni Nasional. Salah seorang dari TRTC mengatakan bahwa enam kereta MRT di Taipei akan dikelompokkan menjadi tiga kategori, dimana setiap kategorinya mengangkat tema yang berbeda. Dua kereta akan didesain menyerupai National Theater, dua lagi menyerupai National Concert Hall, dan sisanya akan didesain layaknya perpustakaan budaya.

Sumber: Travel.taipei

Khusus untuk kereta yang mengambil nuansa National Theater dan National Concert Hall, lampu di dalam gerbong akan diredupkan. Ini bertujuan untuk menciptakan suasana serasa berada di dalam kedua bangunan yang seakan sudah menjadi identitas bagi Taipei sendiri. Tidak hanya meredupkan lampu, tapi gerbong tersebut juga akan dilengkapi dengan wallpaper tangga, kursi, hingga lampu gantung yang akan menguatkan nuansa tempat tersebut.

Hal lain yang juga menarik perhatian khalayak ramai terhadap perombakan desain sementara ini terletak pada gerbong pertama dan terakhir. Dimana di dua gerbong tersebut, lima deret kursi akan diubah menggunakan susunan empat kursi yang mensimulasikan kursi flanelet merah yang digunakan di ruang konser dan teater. Sungguh unik!

Sumber: Travel.taipei

Humas TRTC, Ling Chi-Yao mengatakan bahwa kemitraan yang mereka jalin dengan National Performing Arts Center akan memungkinkan perusahaan penyedia jasa tersebut menyajikan beragam ide tentang beberapa spot kota yang hampir setiap hari bersentuhan dengan para penumpang. “MRT Taipei bukan hanya sekedar sarana transportasi, namun telah menjadi bagian dari kehidupan warga negaranya,” ungkap Ling Chi-Yao.

Baca Juga: Bus Tanpa Awak Segera Beroperasi di Taiwan

Rencananya, enam kereta yang sudah didesain ulang ini akan mengular di sepanjang jalur Tamsui-Xinyi hingga tanggal 31 Januari 2018 mendatang. Kereta juga akan berhenti di Chianghi-Shek memorial Hall Station, dimana stasiun tersebut merupakan titik terdekat menuju National Theater dan National Concert Hall.

Ini bukanlah kali pertama kereta MRT di Taipei mengalami perubahan desain. Pada bulan Agustus 2017 kemarin, sebanyak enam gerbong disulap menggunakan tema olahraga, ada yang di desain menyerupai lanagan sepak bola, bisbol, basket, hingga kolam renang. Tujuan dari perubahan desain tersebut adalah dalam rangka mempromosikan 2017 Summer Universiade, dan berhasil mencuri perhatian dunia.