Saturday, May 18, 2024
HomeHot NewsPerjalanan Kereta Api Makin Lancar, ‘Berlin’ Kembali Gencar

Perjalanan Kereta Api Makin Lancar, ‘Berlin’ Kembali Gencar

PT KAI beserta jajarannya dibantu oleh kepolisian setempat, TNI dan petugas keamanan stasiun kembali melakukan operasi bersih lintasan (Berlin). Pembersihan hari ini Kamis (10/2) dilakukan di lintas Kampung Bandan – Angke. Menggunakan rangkaian sebanyak 20 unit gerbong datar yang dikirim dari Stasiun Jakarta Gudang hasil sampah atau rongsokan yang siap diangkut.

Baca juga: Rail Bicycle, Mudahkan Petugas Kereta Api Lakukan Inspeksi Pada Jalur Rel

Pembersihan dilakukan dimulai pukul 8 pagi. Tumpukan sampah dan rongsokan memang sudah lama berada disamping kanan kiri rel area tersebut. Ini membuat petugas yang melewati jalur itu merasa terganggu dan kadang mengurangi kecepatan jika ada yang sengaja membakar sampah dibantaran rel akibat terhalang asap hasil pembuangan barang – barang rumah tangga yang dibakar.

Ditarik lokomotif dengan seri CC 203 98 04 rangkaian 20 gerbong datar yang mengangkut sampah dan rongsok mulai diangkut oleh petugas. Rangkaian sesekali jalan perlahan sekitar 2 – 5 kilometer per jam. Dengan dibantu warga sekitar, pengangkutan berjalan lancar dan aman. Tak ada pihak yang dirugikan dalam kegiatan ‘berlin’ ini.

Perjalanan KRL Sempat Terganggu
Dalam kegiatan bersih lintasan, rangkaian yang berada di petak Kampung Bandan – Angke, hanya memiliki 2 jalur dan keduanya jalur raya yang sering dilewati kereta api termasuk KRL. Rangkaian yang berada di satu jalur untuk lakukan bersih lintasan, tentu saja menghambat KRL yang akan menggunakan jalur yang sama dan searah. Salah satunya jalur dari Angke – Kampung Bandan.

KRL yang akan melewati petak tersebut akhirnya dibuat rekayasa lintas dengan cara melewati jalur kiri secara bergantian. Beruntung Stasiun Angke memiliki wesel jalur kiri, membuat KRL bisa melewati jalur berlawanan arah dengan cara bergantian dengan KRL lain yang menunggu di Stasiun Kampung Bandan. KRL tersebut berjalan 5 – 20 kilometer per jam.

Proses bersih lintasan berlangsung selama 3 jam. Hasil dari kinerja petugas berhasil mengangkut rongsokan yang semula teronggok di bantaran rel serta barang – barang rumah tangga lainnya yang tidak terpakai. Kemudian material sampah dan rongsokan dibawa ke pembuangan di Tanjung Priok melewati Stasiun Pasar Senen, Stasiun Kemayoran, Stasiun Ancol.

Baca juga: Lebar Bentang Rel Menjadi Ciri Khas Jalur KRL Jabodetabek

Sebelumnya kegiatan ‘berlin’ ini pernah dilakukan pada tanggal 14 Oktober 2021 di petak Tanah Abang – Duri – Angke dengan membawa material rongsok lebih banyak, termasuk ranting dan batang pohon yang diangkut. (PRAS – Cinta Kereta Api)






















RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru