Rail Bicycle, Mudahkan Petugas Kereta Api Lakukan Inspeksi Pada Jalur Rel

0
Rail Bicycle

Apa itu Rail Bicycle? Ini adalah inovasi sederhana yang digunakan untuk memeriksa, memperbaiki dan memantau rel kereta api untuk memastikan keamanan penumpang. Rail Bicycle ini diperkenalkan oleh Indian Railways dan seorang perwira kereta api bernama Pankaj Soin Sr DEN Ajmer Barat adalah orang yang berada dibelakang proyek inovasi tersebut.

Baca juga: Pertama Kali India Lakukan Perpisahan Pensiunan Staf Kereta Api Secara Virtual

Rail Bicycle atau sepeda kereta api ini dikatakan oleh Menteri Perkeretaapian Piyush Goyal dalam akun Twitternya, sepeda kereta api ini merupakan sebuah mekanisme baru untuk bepergian dengan cepat di rel kereta api dalam melakukan inspeksi, pemantauan dan perbaikan yang mendesak. Dia mengatakan, sepeda kereta api ini dapat dengan mudah ditempatkan di rel kereta api dan karyawan kereta api yang bertugas dapat bergerak menuju tujuan tanpa kesulitan.

Diharapkan sepeda kereta api ini akan membantu para pekerja di semua musim. Sebab selama musim hujan, terkadang situasinya menjadi sangat sulit sehingga menyebabkan penahanan layanan kereta api yang tidak diinginkan.

KabarPenumpang.com melansir dari laman rushlane.com (28/7/2020), setelah hujan deras, lokasi pendekatan jembatan dan lokasi rentan lainya dapat dengan mudah diperiksa oleh staf dalam waktu singkat menggunakan sepeda kereta api. Kementerian kereta api mengatakan, selain dari situasi darurat, sepeda akan sangat membantu untuk berpatroli selama cuaca panas.

Ini juga bisa membantu staf kereta api dalam memonitor harian rel kereta api. Dalam sebuah laporan, karena pandemi Covid-19, beberapa bagian melalui jaringan Indian Railways saat ini ditutup untuk lalu lintas dan sepeda kereta api dapat digunakan di jaringan tersebut.

Sepeda kereta api memiliki berat sekitar 20 kg yang dengan mudah diangkat, dibongkar dan dirakit oleh satu orang. Kecepatan rata-rata sepeda ini sepuluh kilometer per jam dengan kecepatan maksimumnya 15 km per jam. Sepeda ini mampu mengangkut dua orang. Untuk pembuatan Sepeda Rel ini, pelurusan roda depan, sepeda tua, dan pipa besi ringan telah digunakan.

Baca juga: Contoh Pemerintah yang Baik, Italia Berikan Subsidi untuk Pembelian Sepeda Kayuh

Salah satu roda melekat pada bagian depan siklus dan satu lagi digunakan untuk tujuan penyeimbangan. Bagian-bagian ini terhubung ke siklus dengan bantuan mur dan baut, sehingga mudah dirakit dan dibongkar. Menurut Kementerian Kereta Api, Sepeda Rel ini dapat dengan mudah diproduksi dengan harga yang sangat ekonomis. Total biaya Sepeda Rail hanya Rs5 ribu atau sekitar Rp977 ribu.

Leave a Reply