Pertama di Dunia, Penumpang Pesawat Singapore Airlines Bisa Belanja Online di Udara

0
Singapore Airlines luncurkan layanan KrisWorld in-flight entertainment (IFE) e-shopping, memungkin penumpang belanja barang secara online saat tengah dalam penerbangan. Foto: Singapore Airlines

Teknologi membuat sesuatu yang tak mungkin jadi mungkin. Baru-baru ini, Singapore Airlines meluncurkan layanan KrisWorld in-flight entertainment (IFE) e-shopping di seluruh armada Airbus A350.

Baca juga: Berkah Covid-19, Singapore Airlines Tawarkan Companion App Pertama di Dunia, Ini Kegunaannya

Layanan ini memungkinkan seluruh penumpang berbelanja online lebih dari 4.000 produk, seperti merchandise maskapai, produk kecantikan, parfum, elektronik, dan sampai minum-minuman beralkohol, saat berada di tengah penerbangan, menjadikannya sebagai maskapai pertama di dunia untuk layanan serupa.

Nantinya, penumpang Singapore Airlines yang berbelanja di udara, tinggal pilih barang pembeliannya mau di antar ke rumah atau diberikan saat penerbangan berikutnya bersama maskapai. Jika pilihan terakhir yang diambil, penumpang tidak dikenakan bea pengiriman atau bebas ongkir.

Teknologi yang terjalin berkat kemitraan dengan Air Free, Thales, dan Panasonic Avionics, tersebut menghubungkan KrisShop SIA langsung ke sistem IFE pesawat, memungkinkan update berkesinambungan terkait ketersediaan produk dan aktivasi untuk pengguna kartu kredit.

Bagi anggota KrisFlyer dan PPS Club, selain akan mendapat tambahan miles, pelanggan juga mendapat berbagai tawaran diskon menarik. Untuk di awal ini, mereka mendapat tawaran diskon 15 persen untuk setiap pembelian minimal 150 dolar Singapura; dengan catatan barang berupa pre-order dan skema pengiriman di penerbangan berikutnya, bukan dikirim ke rumah.

Adapun untuk pengiriman ke rumah, anggota KrisFlyer dan PPS Club hanya mendapat diskon 10 persen tanpa minimum belanja.

Dilansir Business Traveller, sebagai permulaan, belanja di udara atau belanja barang secara online saat di pesawat pertama di dunia tersebut hanya tersedia di seluruh armada Airbus A350 Singapore Airlines. Ke depan, secara bertahap, seluruh armada dan jaringan maskapai, kecuali Boeing 737-800NG, juga dilengkapi layanan KrisWorld in-flight entertainment (IFE) e-shopping.

Dirunut ke belakang, layanan belanja online di pesawat pertama di dunia itu merupakan wujud dari keseriusan maskapai dalam bertransformasi menjadi maskapai penerbangan digital terkemuka di dunia. Tujuannya tentu mengembangkan solusi digital yang inovatif untuk mempersonalisasi pengalaman perjalanan end-to-end setiap penumpang.

Baca juga: Toko Bebas Bea Pertama di Dunia ada di Bandara Shannon Irlandia

“E-commerce adalah masa depan belanja, dan mengintegrasikan fitur ini ke dalam sistem hiburan dalam penerbangan kami merupakan industri pertama bagi SIA. Hal ini memungkinkan KrisWorld untuk melampaui film, acara televisi, musik, dan permainan, dan menawarkan lebih banyak hal yang mereka inginkan kepada pelanggan saat terbang bersama kami,” jelas Yeoh Phee Teik, Senior Vice President Customer Experience Singapore Airlines.

“Ini adalah bagian dari komitmen teguh kami untuk terus berinovasi dan meningkatkan penawaran produk dan layanan kami, dan menambah pengalaman perjalanan bagi pelanggan kami,” tutupnya.

LEAVE A REPLY