Pesawat Boeing 737 Misterius di Bali Kini ‘Nangkring’ di Atas Tebing Pantai Nyang Nyang

0
Pesawat Boeing 737 misterius yang viral di Bali kini pindah, dari semula di lembah kapur di wilayah Pandawa kini berada di atas tebing Pantai Nyang Nyang, Desa Pecatu Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Foto: Nusa Bali

Pesawat Boeing 737 misterius viral yang mangkrak di lembah buatan dekat Pantai Pandawa, Badung, sekitar lima kilometer dari Bandara Internasional Ngurah Rai, kini ‘terbang’ dan bertengger di Atas Tebing Pantai Nyang Nyang, Desa Pecatu Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.

Baca juga: Ternyata Begini Sejarah Dua Pesawat Boeing 737 Misterius yang Mangkrak di Bali

Pesawat Boeing 737-200 bekas Mandala Airlines yang dahulu teregistrasi sebagai PK-RII sengaja dipindahkan dari tempat sebelumnya untuk meningkatkan potensi wisata di Pantai Nyang Nyang.

Pantai itu selama ini bisa dibilang kalah saing dengan berbagai pantai besar lainnya di Bali, seperti Pantai Nusa Dua, Pantai Kuta, Pantai Jimbaran dan lainnya. Kelengkapan fasilitas penginapan dan hiburan serta turunanya juga masih jauh dibanding destinasi wisata lainnya di Bali.

Dengan adanya pesawat yang ditempatkan di atas tebing Pantai Nyang Nyang ini, pada waktunya, diharapkan Pantai Nyang Nyang bisa menjadi ikon wisata baru Bali dan dapat mengundang lebih banyak wisatawan. Muara dari itu tentu mengangkat ekonomi masyarakat yang selama setahun lebih terpuruk akibat pandemi virus Corona.

Selain jadi spot foto menarik, pesawat dengan panjang 29,54 meter, lebar 5,2 meter, dan tinggi 3,96 meter ini nantinya akan disulap menjadi restoran. Restoran di Bali memang sangat banyak, tetapi restoran yang dibangun dari pesawat atau pesawat yang disulap menjadi restoran bisa dibilang hampir tidak ada di Bali. Di Indonesia pun jumlahnya bisa dihitung jari.

Selain desainnya yang menarik wisatawan, konsep restoran pesawat di Bali ini juga unik, dimana pengunjung bisa datang dan makan apa saja dan bayar sesukanya. Ini disebut konsep kotribusi atau contribution based restaurant.

Laporan media lokal Nusa Bali, hadirnya pesawat Boeing 737-200 PK-RII di atas Tebing Pantai Nyang Nyang setinggi 15 meter tak lepas dari kolaborasi Felix Demin (seorang pengusaha asal Rusia) dan I Made Sukardiana alias Made Kur, warga setempat.

Felix Demin merupakan pengusaha asing yang sebelumnya telah mengembangkan berbagai property di Bali, sementara Made Kur adalah pemilik lahan di mana ‘Nyang Nyang Airplane’ dipasang.

Menurut Made Kur, ide pemasangan ‘Nyang Nyang Airplane’ ini bermula dari pengusaha Felix Demin, yang sering surfing di Pantai Nyang Nyang. “Felix Demin menyatakan ingin menaruh pesawat di sini,” kenangnya.

Baca juga: Ada Sosok Boeing 737 Misterius di Bali, Kini Jadi Obyek Foto Favorit Para Pelancong

Lebih lanjut, Made menyebut, sebelum ditempatkan di atas tebing Pantai Nyang Nyang, Desa Pecatu, bodi pesawat Boeing 737-200 tersebut sempat lama berada Pandawa (bukan Pantai Pandawa), Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, sejak dibeli tahun 1993. Bahkan, bodi pesawat tersebut nyaris jadi besi tua dan sempat hendak dijual ke Cina.

Namun, entah bagaimana ceritanya, pesawat tersebut akhirnya dipindahkan dan dipasang oleh enam orang teknisi yang didatangkan khusus dari Bandara Internasional Juanda Surabaya di atas tebing Pantai Nyang Nyang.