Pesawat Diterjang Turbulensi, Awak Kabin American Airlines Alami Cedera

(Perfect Flight)

Turbulensi kerap kali terjadi dalam sebuah penerbangan baik saat cuaca buruk maupun cuaca cerah. Seperti baru-baru ini sebuah penerbangan American Airlines mengalami turbulensi saat melakukan perjalanan dari San Luis Potoso, Meksiko ke Dallas, Amerika Serikat. Akibat turbulensi, seorang awak kabin dan seorang penumpang terluka dan langsung dilarikan kerumah sakit sesaat tiba di Bandara Internasional Austin Bergstrom.

Baca juga: Prediksi Potensi Turbulensi Secara Real-Time, IATA Luncurkan “Turbulence Aware”

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman travelpulse.com (27/12/2018), American Eagle dengan nomor penerbangan 5781 tersebut mengalami turbulensi dan mengalihkan penerbangannya ke Bandara Internasional Austin-Bergstrom. Pesawat Bombardier CRJ-1000 yang mengangkut 75 penumpang dan empat awak kabin tersebut saat mengalami turbulensi menyebabkan seorang penumpang dan seorang awak kabin terluka.

Turbulensi dilaporkan akibat cuaca buruk yang mempengaruhi daerah Dallas-Forth Worth. Setelah pesawat tiba di Bandara Austin, kedua orang yang terluka tersebut dibawa ke rumah sakit dan tiga orang lainnya diperiksa petugas medis di dalam kabin pesawat. Untungnya luka pada dua orang tersebut tidak mengancam jiwa yakni hanya terluka pada bagian leher dan lutut mereka dan diperbolehkan kembali pada Rabu malam.

Sedangkan penumpang lainnya dipindahkan oleh pihak imigrasi dan perlindungan perbatasan bandara Austin. Maskapai penerbangan kemudian menyediakan akomodasi bagi seluruh penumpang yang terkena dampak dengan memberikan penginapan dan memesan penerbangan ke Dallas esok harinya.

Dalam sebuah pernyataan, Bryce Dubee, spesialis informasi publik untuk Departemen Penerbangan Kota Austin, mengatakan bahwa pengalihan seperti ini biasa terjadi selama cuaca buruk

“Keselamatan adalah prioritas utama dalam situasi ini ketika ada cuaca buruk. Bandara akan bekerja bersama setiap saat untuk mengalihkan penerbangan untuk mengalihkan mereka agar pesawat tetap bergerak dengan aman,” ujar Dubee.

Baca juga: Peneliti Buktikan Bahwa Guncangan Akibat Turbulensi Bisa Diredam!

Diketahui, turbulensi tersebut terjadi pada Rabu (26/12/2018) kemarin dan penumpang yang terkenda dampak diberangkatkan pada Kamis (27/12/2018) pagi dengan pesawat American Airlines 5781. Saat itu dikatakan oleh pejabat Bandara Austin, pesawat yang terkena turbulensi tersebut rusak. Namun, juru bicara American Airlines mengatakan, pesawat tidak mengalami kerusakan saat turbulensi terjadi.