Pilot Jatuh Pingsan di Lorong Kabin, Montenegro Airlines Lakukan Pendaratan Darurat!

0
Sumber: The Sun

Tanggung jawab ketika menjalankan pekerjaan memang harus dijunjung tinggi – terlepas jenis dari pekerjaan itu sendiri. Terlebih ketika pekerjaan tersebut berkaitan erat dengan nyawa ratusan orang, seperti pilot. Momen dramatis sempat terekam mata kamera terkait pembukaan di atas, dimana pilot maskapai Montenegro Airlines terserang sakit ketika tengah bertugas, dan imbas dari kejadian ini adalah pendaratan darurat yang cukup dramatis.

Baca Juga: 10 Pendaratan Dramatis Sepanjang Sejarah Penerbangan

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman thesun.co.uk (11/7), penerbangan Montenegro Airlines menuju Moskow awalnya berjalan lancar, hingga salah satu pria keluar dari ruang kokpit dan langsung ambruk di lorong kabin. Butuh beberapa waktu bagi para penumpang untuk menyadari bahwa pria yang keluar dari ruang kokpit tersebut adalah kapten penerbangan. Sontak, semua penumpang yang ada di dalam kabin histeris melihat kejadian tersebut.

Penumpang semakin dibuat ketar-ketir ketika manuver yang dibuat oleh pesawat tersebut seperti kehilangan kendali.

“Wajah sang pilot membiru seketika ia jatuh pingsan di lorong kabin,” ujar salah satu penumpang.

“Awak kabin langsung meminta bantuan kepada penumpang, barangkali ada diantara kami yang berprofesi sebagai dokter – namun sayangnya tidak ada,” lanjutnya.

Beruntung, ada seorang wanita yang segera lari ke arah pilot dan berusaha untuk memberikan pertolongan pertama kepadanya. Keberuntungan kedua berasal dari ko-pilot yang langsung mengambil inisiatif untuk melakukan pendaratan darurat di bandara terdekat dengan posisinya kala itu.

“Satu yang saya ingat, pesawat meluncur dengan sangat cepat dan semua penumpang menangis sejadi-jadinya – termasuk saya,” ujar penumpang lain, Nastya.

“Saya hanya mengkhawatirkan keluargaku yang ada di penerbangan itu,” tandasnya.

Ko-pilot yang kala itu menjadi kapten penerbangan dadakan langsung menghubungi menara kontrol tentang kejadian yang saat itu dialaminya, dan meminta ijin untuk melakukan pendaratan darurat di Kaluga, sekitar 120 mil sebelah barat daya kota Moskow.

Baca Juga: Mengenal Ditching, Pendaratan Darurat Pesawat di Atas Permukaan Air

Seketika mendapatkan ijin, sang ko-pilot langsung melakukan pendaratan darurat yang tidak mulus. Setibanya di darat, ambulans langsung menghampiri pesawat dan memboyong sang kapten menuju rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan medis.

Beruntung, sebanyak 85 penumpang dan lima awak pesawat pada penerbangan tersebut berada dalam kondisi aman dan selamat. Menurut laporan terkait kondisi pilot, pihak rumah sakit menyangkal bahwa sang pilot terkena serangan jantung.

Penumpang Montenegro Airlines dengan nomor penerbangan YM610 lalu dibawa menuju Bandara Domodedovo, Moskow (titik pendaratan pesawat sesungguhnya) dengan menggunakan bus.

 

Leave a Reply