Pilot Training Kaget Ada Orang Pakai Jetpack di Ketinggian 3.000 Kaki

0
Penampakan manusia terbang dengan jetpack. Foto: Sling Pilot Academy

Di langit, umumnya pilot melihat berbagai pemandangan indah, berbagai aktivitas di darat maupun lautan serta pesawat lain yang juga melintas. Namun, seiring perkembangan zaman dan teknologi, beberapa tahun belakangan pilot tidak hanya dimungkinkan melihat objek-objek sebagaimana disebutkan di atas, melainkan juga dimungkinkan melilhat manusia terbang, dalam hal ini menggunakan jetpack; seperti yang pernah terjadi baru-baru ini.

Baca juga: Pilot Panik Ada Objek Asing Melintas di Ketinggian 6.000 Kaki, Ternyata Orang Pakai Jetpack

Dilansir popularmechanics.com, pada Senin pekan lalu, seorang pilot training dari Sling Pilot Academy tiba-tiba dikejutkan dengan objek asing yang melintas di atas ketinggian 3.000 kaki (sekitar 914 meter), di sekitar Palos Verdes dan Pulau Catalina, selatan Los Angeles, Amerika Serikat (AS).

Meski terpaut jarak agak jauh, namun, kehadiran jetpack tersebut tetap saja membahayakan karena masih dalam jangkauan pesawat. Sudah begitu, jetpack tersebut juga terbang diagonal dari arah depan, terus bergerak ke arah sebelah kanan dan memotong airways atau jalur pesawat.

Lebih dari itu, kehadiran manusia terbang dengan jetpack ini juga tak terdeteksi alias tidak dilaporkan oleh petugas ATC. Bukan karena ATC lalai melainkan karena jetpack man tersebut terbang bukan pada tempat yang seharusnya, di samping terbang secara ilegal.

Tak diketahui secara persis siapa pria dibalik jetpack tersebut. Yang jelas, dari video yang beredar, kemungkinan, jetpack man itu terbang pada kecepatan 150 km per jam dan pilot pun menyempatkan diri untuk memvideokan momen tersebut.

Kejadian ini tentu bukan untuk yang pertama. Sebelumnya, pilot pesawat China Airlines terkejut usai melihat objek asing melintas di ketinggian 6 ribu kaki. Padahal, pesawat sebelumnya sudah mendapat clearance dari ATC. Sontak, insiden yang terjadi sekitar 11 km dari Los Angeles itu sempat membuat geger kokpit dan petugas.

Tak lama kemudian, objek yang dinilai terlalu kecil dan cepat di ketinggian 6 ribu kaki itu langsung dilaporkan pilot ke ATC. Petugas ATC awalnya sempat tak percaya dengan laporan itu. Karenanya, ia meminta pilot untuk mengulang laporannya. Sebab, bisa saja objek kecil tersebut ialah unidentified flying object disingkat (UFO), piring terbang yang sampai saat ini keberadaannya masih menjadi misteri, sekalipun kerap muncul di seluruh dunia, baik siang maupun malam.

Perkiraan terburuk, objek kecil dan cepat tersebut bukan tak mungkin merupakan sebuah pesawat latih yang melenceng jauh dari jalurnya, sehingga mengacaukan airways yang telah diatur ATC. Pasalnya, kejadian seperti ini (objek asing yang ternyata pesawat latih) pernah terjadi di dunia, tepatnya tak jauh dari Bandara San Diego, AS. Kala itu, pesawat Pacific Southwest Airlines (PSA) flight 182 bertabrakan dengan objek asing yang setelah itu dikonfirmasi merupakan pesawat Cessna 172 Skyhawk.

Baca juga: Inilah Pemandangan Fanstastik yang Bisa Anda Lihat dari Udara!

Usai diperjelas oleh pilot terkait objek asing yang melintas di ketinggian 6 ribu kaki, ATC merespon dengan balik bertanya terkait dua kemungkinan, apakah yang pilot lihat itu merupakan UFO atau sebuah jetpack? Dan pilot menduga bahwa itu jetpack. Asumsinya, objek tersebut terlalu kecil dan cepat.

Pemerintah federal sendiri tak mau berasumsi mengingat tak ada petunjuk otentik yang mengarahkan dugaan kepada jetpack. Otoritas lebih memilih untuk menyelidiki laporan yang masuk pada Kamis kemarin itu, sekalipun sekilas, kronologinya mirip dengan kejadian beberapa pekan sebelumnya.

LEAVE A REPLY