PO Kramat Djati, Ternyata Awalnya Perusahaan Angkutan dan Ternak

0

Nama Kramat Djati rasanya sudah lekat dalam benak ingatan pengguna transportasi bus antar kota antar provinsi. Berlogo siluet roda dengan cat dasar warna putih telah menjadi identitas kuat perusahaan bus yang usianya ternyata telah mencapai 49 tahun. Tapi tahukah Anda tentang sejarah Kramat Djati? Apakah ada kaitan dengan wilayah Kramat Jati di Jakarta Timur yang terkenal dengan Pasar Induknya.

Baca juga: Keluar dari Zona Nyaman, Apple Coba Peruntungan Rancang Bus Otonom

Dari hasil penelusuran, justru alamat kantor pusat perusahaan bus ini berada di Jalan Ambon, Bandung, Jawa Barat. Meski begitu, Kramat Djati memang memiliki pool armada bus di Jalan Raya Bogor, Kramat Jati. Merujuk ke sejarahnya, Kramat Djati sebelumnya dikenal sebagai Sumber Djaja, yakni perusahaan transportasi yang bergerak dalam bidang angkutan dan ternak.

Kramat Dajti berdri pada tahun 1968 oleh Arief Budiman dengan membuka satu jurusan yaitu Bandung-Jakarta. Kemudian pada tahun 1970 menambah lagi jurusan baru yaitu jurusan Jakarta. Pada tahun 1975 membuka jurusan lagi yaitu jurusan Bandung – Merak. Tahun demi tahun perusahaan Kramat Djati semakin maju dan berkembang.

Pada tahun 1986 Kramat Djati membuka layanan baru yaitu dengan adanya busmalam cepat yang menjangkau 3 propinsi, yakni Jawa Tengah, Jawa Timur dan Yogyakarta. Jurusan Bandung – Bali dibuka pada tahun 1990.

Akhirnya pada tahun 1995 Kramat Djati melakukan perubahan bentuk perusahaan menjadi perseroan terbatas dan menambah nama yaitu menjadi Kramat Djati Asri Sejati. Setelah itu Kramat Djati juga menembus pasar Sumatera dengan tujuan Lampung, Palembang, Pekanbaru dan Bengkulu pada tahun 1996, kemudian pada tahun 2000 memperluas pasar kesebelah timur dengan membuka jurusan Bandung – Mataram.

Baca juga: Bus Berkonsep Alam di Taipei Tuai Banyak Pujian dari Netizen

Dengan beberapa kali perubahan, Kramat Djati berkembang dan meningkatkan kualitas pelayanannya, dimulai dari satu jurusan pada tahun 1968 sekarang telah memiliki lebih dari 70 jurusan yang menjangkau Bali, Jawa, dan Sumatera. Kini Kramat Djati tak sebatas sebagai PO (Perusahaan Otobus), masih tetap dalam bisnis yang terkait layanan bus, lewat Kramat Djati Group juga menaungi layanan bus pariwisata, layanan kargo, dan layanan sewa/charter bus dalam label anak perusahaan. Di bawah bendera Pakar Wisata, PO Kramat Djati sejak tahun 2015 menjadi mitra penyediaana layanan bus kampus di Universitas Indonesia.

Tak mau ketinggalan zaman, Kramat Djati juga telah melayani pemesanan tiket secara online, bahkan Kramat Djati sudah menghadirkan aplikasi pemesanan tiket di Google Play Store.

Leave a Reply