Pod Otonom: Upaya Greenwich Kurangi Tingkat Polusi

Para pelancong yang datang ke Greenwich bagian utara pada bulan April kemarin mungkin dibuat sedikit kebingungan oleh pod kecil berwana hijau dan putih, lengkap dengan penumpang, namun tanpa sopir. Pod-pod ini berkeliaran di sepanjang jalan Thames. Pod ini bertenaga listrik dan dirancang khusus untuk melihat respons masyarakat terhadap gagasan mengenai kendaraan otonom. Jika responnya baik, kendaraan otonom ini akan digunakan dalam layanan antar-jemput antara pusat transportasi dan hotel atau pusat perbelanjaan.

Baca Juga: Kerumunan Pods Modular Siap Gantikan Peran Kendaraan Pribadi di 2020

The Greenwich Pod, yang merupakan bagian dari proyek Greenwich Gateway, adalah salah satu dari sejumlah inovasi yang ditampilkan di The City is Ours, sebuah pameran yang dihelat di Museum London. Pameran ini menampilkan bagaimana perubahan kota yang cukup signifikan, dan menyoroti inovasi yang meningkatkan kualitas kehidupan di kota tersebut. Diperkirakan, jumlah penduduk London akan meningkat drastik di tahun 2025 kelak, dan sektor transportasi tidak luput dari perhatian para pengamat.

“Ini tentang kualitas udara, tentang bersepeda dan berjalan kaki, tentang transportasi yang menggunakan sumber energi alternatif dan mengelilingi penghijauan kota,” tutur Foteini Aravani selaku kurator pameran tersebut, seperti yang diwartakan KabarPenumpang.com dari laman theguardian.com (14/7/2017). Sebagai informasi tambahan, pada bulan Juni kemarin, Walikota London menerbitkan sebuah strategi dalam mengurangi tingkat polusi di sana, yaitu menargetkan London sebagai kota bebas karbon pada tahun 2050 mendatang.

Baca Juga: Semakin Sulit Bawa Sepeda di Kereta, Inilah Curhat Pesepeda di London

Terget tersebut seolah menjadi jawaban atas pola pikir masyarakat luas yang menganggap London tidak bisa meniru Kopenhagen, dimana tingkat pengguna sepeda jauh lebih banyak dibandingkan dengan pengguna mobil, dalam skala perbandingan 5:1. Masyarakat menilai infrastuktur bawah tanah London sudah terlalu tua untuk digunakan, dan jalanan yang terlalu padat.

Di sisi lain, pemimpin proyek Greenwich Gateway, Simon Tong mengatakan reaksi publik terhadap pod otonom tersebut sangatlah positif, bahkan tidak sedikit dari mereka yang menanyakan kapan moda tersebut bisa mulai beroperasi secara konvensional. Tidak hanya pod otonom, teknologi modern lainnya yang akan hadir di Greenwich adalah pengaplikasian smart parking, dimana teknologi yang menggunakan sensor tersebut akan mengalokasikan tempat parkir yang lebih efisien.

Baca Juga: Ford Hadirkan Layanan Bike Sharing, Kok Bisa?

Namun, dalam mencapai sistem transportasi hijau dan efektif, akan melibatkan teknologi yang lebih sederhana, dan strategi walikota adalah menjanjikan investasi yang signifikan, khususnya dalam penyediaan sepeda. Tidak hanya itu, German Dector-Vega selaku pengurus dari organisasi London secara tidak langsung menyetujui ide dari penggunaan moda beremisi rendah sebagai solusi dalam masalah transportasi yang semakin meradang. Ia juga mengatakan pembangunan jalan-jalan besar hanya akan memperkeruh suasana. “Kami sudah tahu sejak tahun 1990an, bahwa jika Anda membangun lebih banyak jalanan, lebih banyak mobil akan datang dan masalah tidak akan terpeccahkan.” Ungkapnya.