“Pokemon with You Train,” Kereta Tematik Pelipur Duka Anak-Anak Korban Gempa Jepang

Pokemon with You Train

Setiap negara memiliki caranya sendiri untuk mengobati trauma masyarakatnya terhadap bencana alam yang pernah menimpa. Sebut saja Jepang yang memiliki cara tersendiri untuk mengobati trauma warganya, khususnya anak-anak, pasca bencana gempa dan tsunami yang meluluhlantakkan sebagian daerah di Negeri Matahari Terbit pada tahun 2011 silam. Adalah kereta bertemakan Pokemon yang menjadi langkah perkeretaapian Jepang untuk menghibur para korban bencana tersebut.

Baca Juga: Dari Rusia Hingga Singapura, Inilah Deretan Kereta Tematik Unik dari Seluruh Dunia!

Pokemon sendiri merupakan salah satu karakter kartun asal Jepang yang sudah mendunia. Dengan seabreg monster warna-warni yang memiliki paras lucu nan imut, dipercaya dapat mengembalikan senyuman anak-anak di Jepang yang sempat pudar akibat bencana tersebut. Seperti yang dihimpun KabarPenumpang.com dari laman rocketnews24.com, Pokémon with You Train pertama kali beroperasi pada musim dingin 2012 dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta kereta, kartun, dan anak-anak.

Sumber: nintendosoup.com

Kereta tematik ini mengular di Ofunato Line, yang membentang dari Stasiun Ichinoseki di Prefektur Iwate di Selatan ke Stasiun Kesennuma di Prefektur Miyagi di Utara. Walaupun tidak beroperasi setiap hari, namun hal tersebut tidak menyurutkan antusias para penumpang. Terbukti kereta ini sudah mengangkut lebih dari 40.000 penumpang hingga tahun ketiga pengoperasiannya. Angka tersebut terus melaju seiring pembenahan kereta di bagian eksterior dan interior.

Sumber: pinterest

Japan Railways East selaku operator kereta ini tidak menyia-nyiakan euforia penumpang terhadap kereta bertemakan Pokemon ini. Alhasil, muncullah ide untuk menghadirkan kereta lain yang memiliki tema lebih spesifik, yaitu Pikachu, karakter tikus listrik yang menjadi ikon dari Pokemon. Warna kuning dengan strip coklat yang mendominasi karakter Pikachu diterapkan pula pada eksterior kereta ini, lengkap dengan pipi merahnya.

Baca Juga: Beragam Alasan Mengapa Orang Jepang Fanatik Pada Sosok Kereta

Tidak hanya pada bagian luarnya saja, bagian interior Pokémon with You Train juga tidak luput mengalami perombakkan. Mulai dari kursi, lantai, wallpaper, hingga gerbong khusus yang disediakan oleh pihak Japan Railways East untuk dijadikan tempat bermain anak-anak bertemakan Pikachu. Walaupun kereta pendahulunya juga menerapkan modifikasi besar-besaran pada bagian eksterior dan interiornya, namun Pokémon with You Train versi terbaru lebih mengedepankan sang ikon, yaitu Pikachu.

Puluhan Poke Ball juga melengkapi bagian sisi bangku Pokémon with You Train yang dibalut kain berwana kuning dan cokelat khas Pikachu. Jadi, bagi Anda para pecinta kartun Pokemon, jangan sampai terlewatkan ya kesempatan untuk mengendarai kereta tematik yang sangat menggemaskan ini!