PPD Mercedes-Benz OF-1113, Dulu Angkutan Massal Kini Jadi Kendaraan Storing

0
Blogspot.com

Bus jaman dulu bentuk dan fasilitasnya tidak sama seperti sekarang yang adem, nyaman dan bersih. Pastinya saat meningat hal itu, Anda akan sadar dengan keberadan bus milik Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD) tipe Mercedes-Benz OF-1113 Superior Coach.

Bus milik PPD ini salah satu bus legendaris yang banyak digunakan masyarakat tahun 1970-an hingga awal 2000-an. Apalagi saat itu masyarakat ibu kota Jakarta belum mengenal bus Transjakarta. Maskot PPD ini, sebenarnya memiliki hubungan yang dekat dengan sejarah jaringan transportasi di Indonesia, karena bus ini salah satu bus tertua yang masih beroperasi.

Mercedes-Benz tipe ini dibuat tahun 1971 dan masuk ke Indonesia, kemudian mulai beroperasi tahun 1973. Mercedes-Benz OF-1113 Superior Coach menjadi kebanggan pada masa jayanya dan bentuknya tidak berubah dari pertamakali terjun kelapangan pada 1973 silam walaupun ada tambal sulam dibagian body bus tetapi tetap tidak merubah bentuknya.

Kompas.com
Kompas.com

Bila membayangkan Mercedes-Benz Supior Coach, yang Anda ingat bentuknya unik, dan interior didalamnya tidak ada yang empuk alias keras dan sudah banyak karat dimana-mana. Warna orange kemerah-merahan dan biru membuat kesan tersendiri bagi masyarakat ibu kota. Jok penumpang yang terbuat dari plastik, jok pengemudi sudah banyak yang sobek sana sini dan tambal sulam disekitarnya. Mesin yang kemungkinan tidak terawat dengan semua indikator baik kilometer, penunjuk bahan bakar hinga sein bisa saja tidak menyala lagi dan yang beroperasi hanya gas, rem, kopling dan fungsi lainnya.

Dulu, saat masih beroperasi sebagai angkutan kota, bus ini layaknya bus-bus kota lain dengan isi penumpang yang berjubel dan penuh sesak. Bahkan terkadang ada yang duduk di atas mesin bus tepat di samping pengemudi ataupun bergelantungan di pintu.

Sebenarnya, bus ini sudah harus masuk dalam museum alias dijadikan salah satu ilmu pengetahuan untuk masyarakat bahwa di masa lalu, Jakarta memiliki bus kota yang unik. Sayangnya, hingga kini bus Mercedes-Benz OF-1113 Superior Coach belum dimuseumkan justru dijadikan storing atau pembantu teknis untuk bus lain yang bermasalah di jalan.

Leave a Reply