Proyek AirTrain LaGuardia Digadang Jadi Pekerjaan Transportasi Termahal di Dunia

0
LaGuardia AirTrain yang diusulkan. Foto: Sumber Otoritas Pelabuhan

Bandara LaGuardia di New York, Amerika Serikat akan terhubung dengan kereta 7 dan Long Island Rail Road di Willets Point. Sebuah laporan menyebutkan bahwa proyek bernama LaGuardia AirTransit ini digadang-gadang menjadi yang termahal di dunia dalam sejar transportasi. Sebab diperkirakan biaya untuk proyek ini sebesar $2,1 miliar.

Baca juga: Knightscope K5, Robot Penghalau Taksi Gelap di Bandara LaGuardia

Jalur kereta sepanjang 1,5 mil atau sekitar 2,4 km ternyata tidak sesuai dengan ekonomi AirTrain LGA yang diusulkan. Bahkan dari laporan tersebut, ada penolakan dari masyarakat dan pejabat karena mengaggap rutenya tidak logis. Di mana membuat penumpang dari Manhattan melakukan perjalanan melewati bandara ke Willets Point yang kemudian mundur ke bandara.

Untuk diketahui, proyek ini adalah kesayangan mantan gubernur Andrew Cuamo. Dilansir KabarPenumpang.com dari foresthillspost.com (10/9/2021), proyek AirTrain ini diperkirakan nantinya akan melayani enam ribu penumpang baru setiap hari. Dengan biaya proyek yang besar, angkanya hampir dua kali lipat proyek kereta bawah tanah Second Avenue.

Otoritas Pelabuhan memperkirakan bahwa AirTrain akan melayani 13.117 penumpang harian dengan kombinasi penumpang udara dan karyawan bandara. Namun, ini mungkin lebih sedikit jumlahnya yakni, bahwa lebih dari 3.500 pengendara harian tersebut akan berkendara ke stasiun AirTrain di Willets Point dan parkir atau diturunkan sebagai bagian dari perjalanan.

Jumlah ini karena masih banyak penumpang yang akan menggunakan mobil pribadi dan AirTrain tidak akan mencapai tujuannya untuk mengeluarkan kendaraan pribadi dari jalan.

“Sebagian besar dari apa yang LGA Airtrain lakukan adalah menyediakan layanan antar-jemput yang sangat mahal bagi karyawan bandara yang memarkir mobil mereka dan penurunan taksi [di Willets Point]. Oleh karena itu, kami pikir klaim Otoritas Pelabuhan bahwa AirTrain ramah iklim benar-benar aneh,” tulis laporan tersebut.

Laporan itu juga mencatat bahwa banyak dari perkiraan 13.117 pengendara harian sudah menggunakan transportasi umum ke bandara. Laporan tersebut menempatkan angka ini sekitar 3.600. Menemukan kembali Albany dan kritikus lain dari LaGuardia AirTrain yang diusulkan berharap bahwa Gubernur Kathy Hochul akan membatalkan rencana pendahulunya.

Baca juga: Kamboja Punya Kereta Bandara yang Unik, Mirip Railbus Batara Kresna di Solo

Hochul belum membuat pernyataan publik tentang rencana tersebut sejak menjabat. Otoritas Pelabuhan tidak menanggapi permintaan komentar, tetapi mengatakan kepada New York Post bahwa angka-angka laporan itu “sangat salah.”